Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, May 1, 2012

Nutrisi Untuk Perkembangan Otak dan Ketahanan Tubuh Anak


Masa balita merupakan tahapan penting dalam tumbuh kembang anak karena dalam masa ini otak tumbuh sangat cepat. Selain itu, masa ini adalah dimana anak mulai berinteraksi dengan dunia luar. Di masa ini sangat dibutuhkan asupan nutrisi yang mendukung pertumbuhan otak dan daya tahan si kecil. Nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak si kecil diantaranya adalah makanan atau minuman yang mengandung AA, DHA dan Kolin. Selain itu juga harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang dilengkapi dengan protein Alfa-laktalbumin. Nutrisi Kolin sangat dibutuhkan si kecil karena berperan untuk membangun sel-sel syaraf. Kolin bertugas membantu pembentukan Sphingomyelin guna mempercepat pembentukan Myelin dan Myelin inilah yang mempercepat rangsangan pada sel syaraf.

Perpaduan dengan nutrisi AA dan DHA yang mengandung asam lemal esensial yang terletak diujung sel syaraf berperan untuk meneruskan pesan antar sel syaraf tersebut. Kolin juga membantu pembentukan fosfatidilkolin atau membran sel yang berfungsi sebagai penerus rangsangan antar sel syaraf. Karenanya pembentukan fosfatidilkolin dianggap memiliki pengaruh penting, karena menghubungkan pesan yang diterima dari sela syaraf satu denga sel syaraf lainnya. Kolin sendiri nantinya juga akan membantu asetilkolin untuk membentuk neurotransmitter. Neurotransmitter ini berperan dalam menyimpan memori, berfikir, berbicara, melakukan berbagai gerakan sadar, dan menyalurkan rangsang sensorik. Sementara itu, protein alfa-laktalbumin berguna meningkatkan kualitas protein yang hampir sama dengan Air Susu Ibu. Alfa-laktalbumin dapat membantu kualitas tidur anak. Kualitas tidur pada anak akan membantu fungsi kognisi (kemampuan berfikir) menjadi berkembang sempurna. Tentunya nantinya hal itu akan memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk tumbuh dan berkembang lebih baik.

Sinergi AA, DHA, Kolin dan Protein Alfa-laktalbumin di dalam tubuh akan mempercepat menghantarkan impuls syaraf. Efek dari sinergi itu akan mempermudah anak dalam berfikir cepat dan bertindak lebih tepat. Alhasil, anak akan lebih gesit dan cerdas. Selain itu, sinergi diatas akan lebih sempurna lagi jika anak-anak mendapatkan nutrisi Nukleotida dan Sinbio+ di dalam tubuhnya. Karena tambahan Nukleotida terbukti meningkatkan immunoglobulin yang dapat meningkatkan respon antibodi pada sistem imun tubuh. Anak-anak yang mempunyai sistem imun yang baik tentunya juga bisa berkembang lebih baik. Disisi lain, Sinbio+ yang terdiri atas Probiotik BB536 & M-16V dan Prebiotik Laktulosa mengandung manfaat untuk melancarkan pencernaan si kecil. Jika nutrisi terserap maksimal, maka nafsu makan si kecil akan bertambah, dan secara otomatis baik untuk perkembangan mereka.

Agar pencernaan anak-anak berfungsi secara maksimal, sangat penting jika si kecil mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Probiotik adalah berupa bakteri baik yang dapat membantu mempertahankan kinerja saluran  pencernaan.

Didapat dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment