Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, February 12, 2012

PAUD : Tips Membuat Kepribadian Anak Menjadi Baik

Cara Mengajari Putra Putri Kita Agar Berkepribadian Yang Baik

Oleh : M. Sugeng Haryono, SE, S.Pd

Kewajiban orang tua dan guru adalah mengajarkan kepada putra-putri kita agar selalu ingat kepada Allah, menjalin silaturrahmi dengan teman, saudara, ataupun tetangga dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Itulah salah satu fitrah manusia sebagai makhluk sosial.

Berikut ini tips untuk membentuk kepribadian anak kearah yang positif :
1.      Ajari mereka kepada siapa boleh meminta bantuan, bagaimana tata cara dan sopan santunnya, karena suatu saat nanti mereka pasti membutuhkan bantuan dari orang lain;
2.      Dalam beberapa masalah / kasus, biasanya anak-anak cenderung memiliki pola pikir dan kesenangan yang sama. Maka dari itu, ajarilah putra putri kita untuk saling berbagi dengan yang lainnya, tidak berebut dan tidak suka saling pukul dengan temannya;
3.      Jangan berbicara kasar didepan mereka. Karena anak-anak suka meniru dan ada kecenderungan meniru atau berpola bicara seperti orang tua. Ajari mereka untuk tidak meniru makian, ucapan kasar/kata-kata kotor.
4.      Biasakan mereka dengan pakaian yang bersih dan tanamkan kepada mereka bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.
5.      Carikan putra putri kita, lingkungan dan teman yang menghargai keberhasilan dari usaha sendiri, bukan hasil karya orang lain. Karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang mereka.
6.      Yakinkan pada putra-putri kita bahwa Tuhan itu ada dan ajari mereka untuk tetap bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Dengan membiasakan bersyukur, kepekaan mereka terhadap lingkungan sosial akan semakin terasah.
Semoga berhasil ya…….

No comments:

Post a Comment