Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, August 16, 2012

Sekilas Tentang Nokia Asha 305


Ponsel dengan Dual Sim dan Berdesain Elegan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri di tahun 2012, Nokia meluncurkan ponsel Asha varian terbaru. Adapun ponsel yang diluncurkan adalah Nokian Asha 305, Nokia Asha 306, dan Nokian Asha 311. Ketiganya merupakan ponsel dengan teknologi touchscreen ala Nokia.

Nokia Asha 305 yang dilempar oleh Nokia ke pasaran menawarkan berbagai fitur andalan. Mulai layar sentuh tanpa tombol fisik hingga OS Symbian khas Nokia. Saat diluncurkan pertama kali dengan warna biru metalik, pasti banyak yang mengira kalau ini adalah ponsel high end. Tapi ternyata dugaan itu salah, karena ponsel tersebut hanya dibanderol dengan harga 800-ribuan saja. Dari sisi desain, Nokia Asha 305 sama sekali tidak terlihat murahan, malah sebaliknya, terlihat begitu elegan, mungil dan bergaya muda. Memiliki dimensi ukuran 110.3 x 53.8 x 12.8 mm serta berat hanya 98 gram. Sudah tentu dengan ukuran tersebut, ponsel ini sangat mudah sekali untuk dibawa kemana saja.

Ponsel ini hadir dengan layar yang besar seperti kabanyakan smartphone Android yang beredar di pasaran. Hanya saja, Asha 305 hanya memiliki resolusi WQVGA (240 x 400 piksel), dengan resitive touchscreen, jadi sedikit membutuhkan sedikit tekanan lebih ketika menggunakan layar ini. Namun layanannya sudah mendukung multitouch. Kelebihan lainnya adalah mempunyai fitur dual sim GSM, sehingga dapat menggunakan dua kartu sekaligus dalam satu ponsel. Ponsel ini juga memiliki fitur Easy Swap untuk kemampuan dual sim yang diusungnya, namun hal ini hanya berlaku untuk sim card 2 yang bertempat di sisi ponsel. Sedangkan untuk sim card 1 berada di dalam dan dibawah baterai, sehingga jika ingin menggantinya harus mematikan ponsel terlebih dahulu.

Ponsel ini hanya mendukung GSM 900/1800. Untuk data, hanya mendukung 2G network, yaitu GPRS dan EDGE. Dilengkapi juga dengan sebuah port USB 2.0 dan sebuah port charger. Adapula fasilitas Bluetooth didalamnya. Memori internal 64 MB dan memori eksternal dibundling 2 GB didalamnya dan bisa menggunakan memorycard up to 32 GB. Dalam paket pembeliannya sudah dapat eksternal memori 2 GB. Untuk urusan OS, ponsel ini dibekali dengan Nokia s40. Namun sayang, OS ini belum bisa melakukan multitasking (menjalankan aplikasi secara bersamaan) seperti smartphone Android dan smartphone lainnya.

Nokia Asha 305 dilengkapi dengan kamera beresolusi 2 MP (1600 x 1200 piksel) dan bisa juga untuk merekam video dengan format 3GP dengan resolusi QCIF (176 x 144 piksel) 10fps. Suara speakernya juga lumayan kencang dan selain itu dilengkapi dengan 3,5 mm jack untuk digunakan sebagai port headset. Untuk daya, Asha 305 ini dibekali sebuah baterai Lithium Ion BL-4U berkapasitas 1110 mAh. Dengan baterai ini, ponsel dapat bertahan sampai 14 jam waktu berbicara dan 528 jam waktu standby. Untuk hiburan, ponsel ini sudah memiliki beberapa aplikasi dan permainan yang terinstal didalamnya. Ada Nokia Life, Social, Dictionary, Chat, Facebook, Twitter, Weather, Memorize, Casino, Solitaire, Music Guess, Mall, Golf tour, Picture Puzzle, dan Maze. Ada 5 pilihan warna, yakni metal, silver, red, blue dan grey.

Didapat dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment