Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Wednesday, August 22, 2012

Tips Menghemat Baterai Smartphone / Ponsel Pintar

Seperti yang kita ketahui, untuk mengoperasikan smartphone (ponsel pintar) membutuhkan daya yang begitu besar. Dan hal tersebut tidak peduli dengan seberapa besar baterai yang dipakai atau seberapa lama kekuatan yang dijanjikan oleh baterai itu sendiri ketika kitapertama kali mau membeli, karena semua itu tergantung pada pemakai ketika sedang mengoperasikan smartphone itu sendiri. Berikut ini tips untuk menghemat baterai ketika sedang bepergian jauh dan cukup lama serta tidak ada tempat untuk mencharge baterai sebelum sampai ke tempat tujuan :

1.   Matikan vibrasi
Fitur vibrasi/getaran akan berpengaruh pada dayan baterai karena mengkonsumsi banyak power dibandingkan dengan mode normal.

2.   Gunakan aplikasi seperlunya
Apabila setiap menit smartphone dipakai untuk menyedot e-mail baru, aplikasi facebook, twitter, atau main game atau pula untuk memutar musik, janganlah hean jika power baterai menjadi cepat melemah. Jadi pakailah aplikasi seperlunya kalau tidak sedang dipakai.

3.   Matikan fitur yang tidak perlu
Jika kita mengaktifkan GPS, Wifi atau Bluetooth secara terus menerus, maka hal tersebut akan menguras power baterai dengan cepat. Jadi gunakan hal tersebut hanya dalam kondisi darurat saja.

4.   Matikan 3G jika tidak dibutuhkan
Dibandingkan dengan GPRS atau EDGE, memang 3G mempunyai kecepatan yang kencang. Dan hal tersebut juga dapat menguras power baterai lebih cepat. Jadi lebih baik untuk sementara, gunakan sinyal EDGE saja.


5.   Matikan fitur screensaver
Screensaver yang aktif, membuat prosesor bekerja lebih ekstra. Dan itu juga dapat menyedot power baterai lebih banyak. Untuk sementara, matikan aplikasi screensaver jika dalam perjalanan jauh.

6.   Atur screen timeout, brightness dan kunci layar
Demi efisiensi, aturlah display layar dengan yang sederhana saja. Setting brightness ke level minimum dan persingkat pula nyala layar dengan menyetingnya ke yang paling minim. Dan yang penting, jangan lupa mengaktifkan tombol kunci, agar layar tidak mudah menyala pada saat tidak sengaja kita sentuh atau tidak sengaja tersenggol orang lain.

Didapat dari berbagai sumber

1 comment:

  1. Bro.... klik ini :
    http://www.alexa.com/site/linksin/orang-cerdas.blogspot.com

    blogmu Nge LINK dengan siapa aja, dan Ranking Blogmu (se DUNIA) versi Alexa 16,615,886

    http://www.alexa.com

    ReplyDelete