Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, September 27, 2015

Asam Urat (Gout) dan Cara Jitu Mengobatinya




Asam urat sering dikeluhkan orang. Banyak aktifitas sehari-hari jadi terhambat karena mengidap penyakit ini.
Apa itu asam urat (Gout)? Bagaimana penanganannya?

Asam urat (Gout) adalah gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar asam urat yang berlebihan dalam darah serta terjadi timbunan garam asam urat pada jaringan sekitar sendi, khususnya pada jari tangan dan jari kaki. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada telinga, tangan, lutut, tumit atau sendi yang lain diseluruh tubuh.
Asam urat (Gout) terjadi bila kristal-kristal tertentu terbentuk sebagai hasil akhir metabolisme protein yang tidak semestinya. Kristal-kristal ini tertimbun pada suatu sendi, membentuk kutil atau benjolan yang akan mengganggu gerak sendi, mengakibatkan sendi meradang sehingga menimbulkan serangan asam urat (Gout).

Asam urat (Gout) sering timbul karena faktor keturunan, namun faktor-faktor seperti obesitas (kegemukan), bertambahnya usia dan diet yang salah dapat memperbesar resiko terkena penyakit ini. Konsumsi alkohol, tekanan fisik dan emosi serta makan makanan secara berlebihan juga bisa mengakibatkan serangan asam urat (Gout). Dengan mengonsumsi air bersih antara 2-3 liter per hari sangat dianjurkan untuk mencegah pembentukan Kristal akibat penumpukan asam urat pada ginjal.
Program diet (penurunan berat badan) secara bertahap bagi yang obesitas (kegemukan) bisa memperkecil resiko terkena serangan asam urat (Gout). Namun diet yang dilakukan secara drastis bisa menyebabkan serangan, karena pengaruh yang menekan pada tubuh (efek negatif).

Ada beberapa pantangan yang paling sering dianjurkan bagi penderita asam urat yakni menghindari purin antara lain, tempe, bayam, emping, jerohan, brokoli, buncis, dll. Suatu substansi dapat menghasilkan asam urat. Diet ini rendah vitamin B dan vitamin E.
Beberapa peneliti percaya bahwa jumlah asam urat pada makanan terlalu sedikit untuk menimbulkan serangan gout dan bahwa penyebabnya sebenarnya terletak pada tidak efisiennya sistem pencernaan protein dalam tubuh. Namun, jika diet purin lebih disukai, hendaknya diberikan vitamin-vitamin dan mineral dalam jumlah banyak, khususnya vitamin B kompleks dan vitamin E.
Asam pantotenat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah asam urat menjadi senyawa yang tidak berbahaya yakni ammonia dan urea. Kebanyakan penderita encok kekurangan vitamin B ini, sehingga mengakibatkan tertimbunnya asam urat. Stres juga dapat dengan cepat menghilangkan asam pantotenat maupun vitamin-vitamin B lainnya. Jika tubuh kekurangan vitamin E, hal tersebut juga menjadi penyebab terbentuknya asam urat yang berlebihan. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kandungan proteinnya kurang memadai atau mengonsumsi makanan yang kandungan asam amino murninya terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat menimbulkan produksi asam urat yang terlalu banyak.
Dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan berbagai macam juice dapat membantu mengeluarkan asam urat.

Makanan yang boleh diberikan kepada orang yang mempunyai kadar asam urat tinggi yakni, kentang, jagung, nasi, ubi-ubian, keju, susu, telur, ikan sarden, daging atau ayam, tenggiri, tongkol, bawal, minyak dalam jumlah yang terbatas, kacang-kacangan kering (25 gr) atau tahu, tempe, oncom (50 gr sehari), semua sayuran kecuali asparagus, kacang buncis, kacang polong, kembang kol dan bayam, jamur maksimum 50 gr sehari, semua macam buah, semua macam bumbu, kopi, dan teh.
Makanan yang tidak boleh diberikan kepada orang yang mempunyai kadar asam urat tinggi yakni ragi dan minuman beralkohol.

Suplemen herbal yang disarankan untuk dikonsumsi yakni :
1. Royal jelly yang berfungsi untuk membantu memperbaiki segala kerusakan yang diakibatkan karena endapan asam urat.
2.   Propolis yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam proses pengeluaran endapan sisa purin yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Dianjurkan dikonsumsi sambil minum banyak air sekitar 3 liter per hari agar tidak terjadi endapan pada ginjal dan menjadi batu, karena asam urat disekresi melalui ginjal.
3.   Pollenergy yang berfungsi untuk membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

Untuk konsultasi terapi herbal untuk segala penyakit bisa ditanyakan ke : M. Sugeng H.
Telp. 085231317574, 082233655561, atau WA 085649032021.

No comments:

Post a Comment