Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, September 27, 2015

Jerawat (Acne) dan Cara Jitu Mengobatinya




Wajah anda penuh dengan jerawat (acne)? Atau saja baru muncul jerawat (acne) satu dua di wajah anda? Memang banyak orang menjadi tidak percaya diri (pede) gara-gara bintilan kecil (jerawat/acne) diwajah. Gara-gara tidak pede inilah kemudian banyak usaha dtempuh untuk menghilangkan jerawat (acne). Dari cara tradisional hingga datang ke tempat khusus perawatan wajah.

Jerawat (acne) adalah suatu penyakit yang umum dari kelenjar-kelenjar minyak di kulit yang ditandai oleh semacam bisul yang permukaannya hitam, putih dan berbintik-bintik. Jerawat (acne) muncul terutama pada bagian wajah. Kadang-kadang pula jerawat (acne) muncul di pundak, dada, lengan, bahkan ada yang tumbuh di punggung.
Tersumbatnya kelenjar minyak yang ada akan menimbulkan jerawat (acne) dan biasanya disertai dengan infeksi bakteri.

Timbulnya jerawat (acne) bisa disebabkan pula oleh faktor kejiwaan, karena itu bahan makanan yang mengandung gizi harus diutamakan. Kebersihan kulit dan nutrisi yang tepat, dibarengi dengan istirahat yang cukup, udara yang bersih, olahraga yang cukup dan cukup sinar matahari akan sangat membantu dalam proses pengobatan jerawat (acne) itu sendiri.
Kebanyakan para ahli gizi berpendapat bahwa terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan makan makanan yang kandungan lemaknya tinggi seperti soft drink dengan pemanis, permen, makanan yang digoreng dan kacang-kacangan dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat (acne). Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak garam terbukti dapat menimbulkan jerawat (acne). Penelitian yang telah dilakukan terhadap seorang pasien yang makan makanan yang mengandung kadar garam rendah menunjukkan dalam waktu dua minggu kulitnya berangsur-angsur sembuh, dan dalam kurun waktu dua bulan pulih seperti semula.

Nutrisi yang berguna untuk kesehatan kulit, yakni :
1.   Vitamin A. Khususnya bermanfaat untuk kulit yang sehat dan licin.
2. Vitamin B komplek. Terutama riboflavin, pyridoxine, dan asam pantothenic dapat mengurangi (produksi) minyak pada wajah dan pembentukan bintik-bintik hitam.
3.  Vitamin C. Membantu pencegahan penyebaran infeksi jerawat (acne).
4. Vitamin E. Vitamin ini telah terbukti sangat membantu untuk mencegah agar jerawat (acne) tidak meninggalkan bekas.
5. Mineral Seng (Zn). Mineral ini sangat bermanfaat bagi banyak orang karena dapat membasmi bakteri secara efektif dan elemen yang sangat penting pada kelenjar penghasil minyak dalam kulit. Kebanyakan, para remaja kekurangan mineral Seng (Zn) ini.

Kebersihan wajah juga merupakan faktor penting dalam pencegahan jerawat (acne). Terutama bagi yang memiliki wajah yang cenderung berminyak dianjurkan untuk sering mencuci wajah dengan air dan handuk yang bersih. Pemakaian sabun dan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit juga seringkali merupakan penyebab timbulnya jerawat (acne).

Perawatan herbal yang disarankan yakni :
1.  Aloe Propolis Cream yang berfungsi untuk mempercepat proses jerawat (acne) matang sehingga lemak yang tersumbat dapat untuk segera dikeluarkan sehingga infeksi bisa segera diredakan. Pemberian krim ini digunakan setelah wajah dibersihkan terlebih dahulu, selama 2-3 kali sehari.
2.  Clover Honey. Penggunaan masker wajah dengan madu. Caranya, letakkan handuk hangat pada wajah yang telah dibersihkan selama 1-2 menit. Oleskan masker madu diseluruh wajah secara merata dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, letakkan kembali handuk hangat selama 1-2 menit pada permukaan wajah. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan setelah itu menggunakan air dingin. Penggunaan masker ini 2-3 kali dalam seminggu.

     Pemberian tidak dianjurkan pada wajah yang sedang ada jerawat (acne) yang meradang. Tetap dianjurkan pake Aloe Propolis Cream dulu untuk mengatasi peradangannya, baru masker madu akan membantu lebih cepat dalam membersihkan pori-pori,
    Pada beberapa kasus pemakaian masker akan membantu mengeluarkan sisa kotoran dari pori-pori wajah, sehingga pada awal pemakaian seakan-akan jerawat (acne) bertambah banyak, tetapi setelah itu pori-pori wajah akan menjadi lebih bersih.

                                                                                                       
Untuk konsultasi terapi herbal untuk segala penyakit bisa ditanyakan ke : M. Sugeng H.
Telp. 085231317574, 082233655561, atau WA 085649032021.

No comments:

Post a Comment