Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, April 10, 2012

Hal-hal Penting Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Hamil dan Keluarga


Kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh semua pasangan yang telah menikah. Banyak yang menyambut dengan sukacita. Tetapi yang perlu diingat adalah bagaimana menjaga kehamilannya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, baik dalam masa kehamilan maupun pada saat dan sesudah melahirkan. Untuk itu penting bagi pasangan yang sudah menikah mengetahui masalah ini.

Adapun yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :

1.  Periksakan kehamilan secepatnya dan sesering mungkin sesuai dengan anjuran dari petugas kesehatan maupun bidan dengan tujuan agar ibu yang sedang hamil, suami ataupun anggota keluarga yang lain dapat mengetahui dengan secepatnya cara menjaga kehamilan yang sehat dan jika ada masalah yang timbul pada kehamilan.

2.  Setiap memeriksakan kehamilan, jangan lupa untuk menimbang berat badan. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui berat badan yang bertambah sesuai dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

3.  Dianjurkan untuk meminum satu tablet penambah darah setiap hari selama masa kehamilan untuk mencegah ibu dari kejadian kurang darah dan itu tidak membahayakan bayi dalam kandungan.

4.  Mintalah imunisasi Tetanus Toksoid kepada petugas kesehatan. Imunisasi ini bertujuan untuk mencegah penyakit tetanus pada saat bayi baru lahir.

5.  Jangan lupa untuk meminta saran dan nasehat kepada petugas kesehatan ataupun bidan tentang makanan bergizi yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan untuk menghindari gejala gizi buruk pada bayinya setelah lahir nanti.

6.  Sering-seringlah mengajak bicara bayi yang masih didalam kandungan dengan cara mengelus-elus perut. Hal ini dilakukan setelah kandungan berumur empat bulan. Tujuannya adalah untuk mempererat hubungan ibu dan bayi yang dikandung serta untuk melatih kepekaan bayi ketika sedang diajak berkomunikasi dengan ibunya.

7.  Jika si ibu hamil ini sedang mengalami sakit batuk dengan jangka waktu yang lama (indikasi TBC), demam menggigil seperti malaria, lemas, berdebar-debar, gatal-gatal pada kemaluan atau keluar keputihan dan berbau, segera periksakan ke bidan atau ke dokter ahli.


Menjaga kesehatan bagi hamil wajib diketahui dan dijalankan dengan cara-cara sebagai berikut :

1.  Teraturlah mandi menggunakan sabun setiap hari, pagi dan sore agar terhindar dari penyakit kulit. Jangan lupa gosok gigi dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur agar terhindar dari sakit gigi dan gusi.

2.  Beristirahat dengan cara membaringkan diri sedikitnya satu jam pada siang hari dan kurangi kerja berat.

3.  Jika ingin berhubungan suami-istri, tanyakan dulu pada bidan atau dokter mengenai cara berhubungan badan yang aman selama masa kehamilan.

4.  Hentikan kebiasaan jelek seperti merokok, memakai narkoba, minum jamu atau minum minuman keras.

5.  Minumlah obat sesuai petunjuk bidan atau dokter.

6.  Sebaiknya menghindari asap rokok. Untuk yang suaminya perokok, mintalah suami anda jangan dekat-dekat dengan ibu hamil ketika dia merokok, ataupun menghindari penggunaan narkoba dan obat-obatan yang tidak sesuai dengan anjuran bidan atau dokter karena dapat mengganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan.

7.  Untuk yang tinggal didaerah rawan penyakit malaria, sebaiknya tempat tidurnya dipasangi kelambu.


 Makanan-makanan yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan adalah sebagai berikut :

1.  Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi sesuai dengan anjuran dari petugas kesehatan ataupun bidan.

2.  Diharapkan makan satu piring lebih banyak dari biasanya (masa sebelum hamil).

3.  Untuk menambah tenaga, konsumsi juga makanan selingan, pagi dan sore hari. Contohnya bisa bubur kacang hijau, kue atau makanan yang mengandung banyak vitamin.

4.  Tidak ada pantangan makanan bagi ibu selama masa kehamilan.



Perlu diketahui pula tanda-tanda bahaya pada ibu hamil, agar bisa dilakukan pertolongan secepatnya. Adapun tanda-tanda tersebut antara lain sebagai berikut :

1.  Perdarahan. Jika hal ini terjadi pada umur kehamilan yang masih muda, bisa menyebabkan keguguran. Dan jika hal ini terjadi ketika umur kehamilan sudah tua, dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

2.  Bengkak-bengkak pada kaki, tangan atau wajah, atau juga sakit kepala yang kadangkala disertai dengan kejang. Karena hal ini dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

3.  Demam yang tinggi. Disebabkan karena infeksi atau malaria. Demam yang tinggi dapat membahayakan keselamatan jiwa ibu, bisa juga menyebabkan keguguran atau kelahiran kurang bulan (prematur).

4.  Keluar air ketuban sebelum waktunya. Jika ini terjadi, ini merupakan tanda adanya gangguan pada kehamilan dan dapat membahayakan bayi yang ada dalam kandungan.

5.  Bayi yang ada dalam kandungan gerakannya berkurang atau tidak bergerak. Ini merupakan sinyal bahaya pada janin yang ada dalam kandungan.

6. Ibu muntah-muntah terus dan tidak mau makan. Jika ini terjadi, maka dapat membahayakan kesehatan ibu.

Jika salah satu hal diatas terjadi, maka segera bawa ibu hamil ke bidan atau dokter ahli untuk dilakukan tindakan yang seharusnya. Dampingilah sang ibu pada waktu periksa.


Persiapan-persiapan yang perlu dilakukan oleh pihak keluarga dalam menghadapi persalinan, yakni :

1.  Keluarga harus menentukan persalinan yang akan datang tersebut bertempat dimana dan akan ditangani oleh siapa.

2.  Pihak keluarga perlu mempersiapkan biaya persalinan dengan cara menabung.

3.  Perlu juga untuk mempersiapkan donor darah jika hal tersebut sewaktu-waktu diperlukan.

4.  Tanyakanlah kepada petugas kesehatan atau bidan untuk perkiraan tanggal persalinan.

5.  Pihak keluarga atau lingkungan sekitar sudah menyiapkan kendaraan jika sewaktu-waktu ibu dan bayi memerlukan bantuan dengan segera ke rumah sakit.

6.  Jika persalinan tersebut direncanakan di rumah, hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain : ruangan yang terang, tempat tidur dengan alas yang bersih, air bersih dan sabun untuk cuci tangan, kain, handuk, dan pakaian bayi yang bersih dan kering, dan jangan lupa, kain dan pakaian ganti yang bersih dan kering bagi ibu setelah melahirkan. Kalau perlu diskusikanhal ini dengan bidan atau dokter.

Mari kita jaga dan awasi Ibu Hamil di lingkungan sekitar kita untuk menyelamatkannya dari segala resiko yang tidak diinginkan !!!!!

1 comment: