Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, April 28, 2012

Samsung Gusur Nokia

Setelah 14 Tahun Dikuasai Nokia


Sejarah baru terjadi dalam industri telepon seluler pada tanggal 27 April 2012. Adalah perusahaan asal Korea Samsung Electronics Co Ltd yang telah melakukannya kepada Nokia Ovy yang sejak tahun 1998 atau 14 tahun menjadi pemimpin pasar telepon seluler. Catatan ini diperoleh dari survey yang telah dilakukan oleh Bloomberg (jaringan berita), dengan hasilnya yakni Samsung telah mengapalkan 92 juta unit telepon seluler dan memperoleh pangsa pasar 25 persen pada kuartal pertama tahun ini dan itu termasuk penjualan telepon seluler Samsung. Nokia pada aktifitas ini baru mengapalkan 83 juta unit dengan pangsa pasar 23 persen. Berikutnya disusul produsen Apple dengan pangsa pasar hamper mencapai 10 persen.

Perlu diketahui, Nokia menjadi produsen telepon seluler terbesar didunia sejak tahun 1998 dengan menyaingi Motorola dan Samsung pada saat itu baru menjadi pemain baru dalam industri telepon seluler. Pangsa pasar Nokia pada saat itu mencapai 40 persen dalam beberapa tahun sebelum Apple resmi meluncurkan Apple iPhone pada tahun 2007 dan menjadi pilihan lainnya pengguna telepon seluler. Ini juga merupakan pukulan telak bagi Nokia. Tetapi di pihak Nokia dengan lapang dada mengakui kekalahan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Jorma Ollila selaku Chairman Nokia.

Nokia sekarang sedang mempromosikan Windows Phone sebagai pengganti OS Symbian dan pihak Nokia optimis akan bangkit kembali. Untuk hasil survey ini, sampai saat ini pihak Samsung belum memberikan keterangan resminya. Mereka masih berkonsentrasi mempersiapkan dua tablet edisi Galaxy agar tetap menguasai pasar mobile. Tablet yang akan diluncurkan ini berukuran 7 dan 10.1 inci dengan menggunakan sistem android terbaru yakni Ice Cream Sandwich.

No comments:

Post a Comment