Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, June 3, 2012

Fungsi dan Sumber dari Vitamin B



Terkadang kita belum mengetahui makanan/bahan makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin. Apalagi sekarang ini, kita tanpa sengaja menghindari makanan/bahan makanan tersebut, dan lebih memilih fast food yang malah membahayakan metabolisme tubuh kita. Padahal makanan yang kita hindari tersebut malah banyak yang mengandung vitamin. Berikut ini makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B, antara lain :

Vitamin B1 (Tiamin)
Fungsi vitamin B1 adalah untuk mengubah zat karbohidrat dalam makanan menjadi energi.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B1 antara lain nasi, roti, sereal, tepung terigu, makanan laut seperti udang, kepiting, atau kerang.

Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsi vitamin B2 adalah untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B2 antara lain susu, keju, ayam, brokoli, bayam, dan jamur.

Vitamin B3 (Niasin)
Fungsi vitamin B3 adalah untuk kesehatan kulit, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan serta membantu mengubah makanan menjadi energi.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B3 antara lain padi-padian, kacang-kacangan, daging sapi dan jamur.

Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
Fungsi vitamin B5 adalah bersama-sama dengan vitamin B lainnya berguna dalam proses pemecahan lemak, protein, karbohidrat menjadi energi. Manfaat lainnya adalah untuk pembentukan sel darah merah dan membuat vitamin D.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B5 antara lain ayam, ikan sarden, alpukat dan semangka.

Vitamin B6 (Piridoksin)
Fungsi vitamin B6 adalah diperlukan dalam proses asam amino dan lemak.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain dagung unggas, ikan, sapi, kentang, tomat, pisang, buah yang berwarnan ungu dan sayuran hijau.

Vitamin B7 (Biotin)
Fungsi vitamin B7 adalah membantu dalam proses pemecahan lemak,protein menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B7 antara lain daging ikan salmon, telur, susu, sereal, pisang, dan kacang tanah.

Vitamin B9 (Folat)
Fungsi vitamin B9 adalah bertugas agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan syaraf pada janin.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B9 antara lain susu dan produk olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin B12
Fungsi vitamin B12 adalah mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, melindungi sel syaraf, mencegah penyakit jantung, dan mencegah penyusutan otak yang menyebabkan daya ingat menurun.
Makanan/bahan makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain daging sapi, daging ikan, hati, telur, susu, kedelai dan rumput laut.

Didapatkan dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment