Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Monday, June 11, 2012

Tips Mencegah Kerontokan / Kebotakan pada Rambut


Rambut rontok / kebotakan masih menjadi momok bagi sebagian kaum Pria maupun Wanita. Beberapa cara dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat dilakukan untuk mencegahnya.

1.  Cobalah diingat-ingat kapan rambut mulai rontok dan apa penyebabnya. Mungkin anda baru saja mengganti merek shampoo atau mencoba produk rambut yang baru. Atau mungkin juga anda menggunakan mousse atau hairspray yang lebih banyak dari pada biasanya.

2. Jangan suka gonta-ganti merk shampoo. Pakailah satu merk shampoo dan atau conditioner. Jika kita sering gonta-ganti merk shampoo atau conditioner dapat menyebabkan kerusakan dan rontok yang lebih parah, sebab shampoo merupakan produk kimiawi.

3. Cobalah menggunakan produk-produk perawatan rambut yang alami/herbal. Bisa menggunakan minyak kelapa atau urang aring. Caranya dengan mengusapkan pada bagian akar rambut di malam hari, biarkan dan cucilah rambut pada pagi harinya. Kegiatan ini bisa dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Perawatan lainnya yakni dengan teratur mencuci rambut karena rambut kotor menyimpan zat-zat perusak seperti keringat dan debu. Penyebab lainnya adalah dari lingkungan sekitar, seperti beraktifitas diruangan ber-AC, diluar ruangan yang berpolusi atau dibawah terik matahari.

5. Mencuci rambut bisa dilakukan dengan suhu air normal atau hangat. Jangan terlalu panas, karena bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

6. Jangan suka begadang. Kurang tidur dan stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan rambut rontok. Masalah psikologis ini harus selalu diperhatikan. Sekain itu masalah hormonal seperti pada saat wanita melahirkan, wanita sedang dalam proses menopause dan masalah tiroid juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Didapat dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment