Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, June 5, 2012

Windows Phone Murah dan Elegan ala Nokia Lumia 610



Gebrakan baru kembali ditelorkan oleh Nokia. Dengan meluncurkan ponsel Lumia seri terbaru seri 610 diharapkan para pengguna ponsel di tanah air kembali ke pangkuannya setelah banyak kompetitor lain yang juga berlomba-lomba menggaet pangsa pasar di Indonesia. Berbeda dengan vendor ponsel lain, Nokia merupakan vendor pertama yang menggunakan OS Windows Phone. Pada awalnya Nokia hanya memproduksi tipe Lumia 800. Seiring dengan kebutuhan pengguna ponsel yang menuntut semakin canggihnya gadget yang ada, maka Nokia akhirnya menciptakan Lumia 900, Lumia 710, dan kini yang terbaru Lumia 610. Di Lumia 610 ini, versi sistem operasinya pun menggunakan versi terbaru disbanding dengan para pendahulunya yakni Windows Phone 7,5 Mango. Memiliki kecepatan prosesor 800 MHz, single core snapdragon s1 dan RAM 256 Mb dengan media penyimpanan 8 GB. Lumia 610 ini mempunyai spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan tipe sebelumnya. Adapun perbedaan menonjol antara Lumia 610 dan Lumia 710 hanya terletak pada prosesornya saja. Untuk Lumia 710 dipasang prosesor 1 GH. Mski speak hardware nya tidak terlalu tinggi, namun kecepatannya tidak diragukan lagi dan bebas lemot. Ini membuktikan bahwa performa Windows Phone lebih bagus jika dibandingkan dengan Android.

Lumia 610 merupakan ponsel berbasis Windows Phone dengan harga paling terjangkau diantara ponsel Lumia sebelumnya. Ponsel ini dipasaran dibanderol dengan harga Rp 2,25 juta. Ukuran Nokia Lumia 610, 119 x 62 x 12 mm dan mempunyai berat 131,5 gram. Adapun layarnya berupa layar TFT LCD berukuran 3,7 inci dengan resolusi WVGA berdimensi 480 x 800 piksel. Interface depan Nokia Lumia 610 merupakan touch screen full dengan sensitivitas yang bagus dan kombinasi tombol yang minimal. Layarnya mengadopsi kemampuan multitouch. Dengan desain yang minimalis dan bahan yang terbaik, membuat Lumia 610 semakin elegan. Layarnya menggunakan pelindung layar Gorilla Glass yang memungkinkan untuk memproteksi layar dari berbagai macam goresan.

Para pencinta dan pengguna Nokia Lumia 610 akan dibuat terkesima dengan pengalaman baru yang ditawarkan melalui kapabilitas life style, saat semua platform media sosial yang popular dapat diakses dengan sangat mudah. Facebook terintegrasi, didukung push e-mail dan sync kontak yang mudah. Di Lumia 610 ini juga ada fitur Nokia Drive, aplikasi maps nokia yang memiliki fitur seperti GPS professional, hardware yang tertanam pun bagus penangkapan sinyal GPS-nya dibandingkan dengan Blackberry.

Di Nokia Lumia 610 ini menggunakan kamera dengan resolusi 5 MP, sudah auto focus dengan lampu flash beresolusi tinggi 2592 x 1994 piksel. Disamping itu, ponsel ini juga mempunyai kemampuan geo tagging dan face detection. Untuk fitur konektivitas Lumia 610 cukup lengkap. Ponsel ini dibekali HSDPA, 7,2 Mbps; HSUPA 5,76 Mbps, Yes, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth. GPRS, 3G, dan USB port. Fitur terbaru lainnya adalah flip to silence yakni mengubah profil menjadi mode diam cukup dengan membalikkan ponsel saja. Untuk yang suka musik juga bisa mengunduh lagu gratis selama 180 hari sepuasnya dan legal di Nokia Music Store. Konsumsi daya yang hemat khas Nokia juga tetap menjadi andalan.

Nokia Lumia 610 tersedia dalam empat warna, yakni hitam, putih, cyan dan magenta. Meskipun keunggulan Nokia Lumia 610 cukup banyak, tetap saja ponsel ini memiliki kekurangan yaitu aplikasi pendukung belum sebanyak Android Market atau Appstore milik Apple.

Didapat dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment