Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, February 7, 2013

Cuaca Ekstrem, Jaga Daya Tahan Tubuh Anda !

Cuaca saat ini cepat berubah. Kadang panas menyengat, tiba-tiba berubah menjadi hujan yang disertai dengan angin yang berhembus dingin dan kencang. Kondisi ini akan membuat tubuh mau tidak mau harus beradaptasi dengan ekstra. Dan ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh itu sendiri. Jika tubuh tidak dalam keadaan yang fit, maka akan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

Saat hujan, debu dan kotoran mengontaminasi air dan itu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, terutama yang disebabkan oleh kuman dan virus. Bakteri, kuman dan virus pada musim pancaroba seperti ini  akan berkembang secara pesat. Biasanya flu, demam berdarah, infeksi pencernaan, tipus dan diare. Penyakit yang disebabkan oleh virus akan berkembang dan menular secara cepat. Misalnya saja flu, Flu akan tertular melalui udara, kontak langsung atau benda-benda yang dipegang oleh penderita.

Kunci untuk menangkal semua itu adalah dengan menjaga daya tahan tubuh secara simultan. Karena daya tahan tubuh merupakan benteng pertahanan untuk menghadapi segala serangan dari berbagai macam penyakit.  Organisme seperti bakteri, jamur, parasit, dan virus ketika masuk dalam tubuh akan dideteksi dan dibunuh oleh sel-sel imun. Leukosit (sel darah putih) adalah bagian yang utama dari sistem kekebalan tubuh. Mekanisme pertahanan tubuh manusia pun juga berlapis hingga ke dalam tubuh manusia yang paling dalam.

Berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menjaga asupan nutrisi atau mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang pun terkadang harus dilakukan agar daya tahan tubuh bisa meningkat. Ditambah lagi dengan memperbanyak minum air putih dan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang berguna sebagai anti oksidan. Selain itu usaha yang dilakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit adalah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun juga perlu dilakukan walau terkadang sering disepelekan.

Bagaimana kita dapat mengetahui jika kuman tersebut sudah masuk kedalam tubuh? Berdahak, bersin ataupun keluarnya ingus merupakan mekanisme tubuh yang normal untuk mengeluarkan kuman dan virus yang ada didalam tubuh. Nah, untuk mengeluarkan semua virus atau membunuh semua virus yang ada di dalam tubuh, diperlukan daya tahan tubuh yang prima pula. Tubuh dalam keadaan panas juga merupakan reaksi normal bahwa tubuh sedang mengeliminasi kuman yang bersemayam dalam tubuh. Obat penurun panas baru boleh diberikan jika suhu tubuh sudah berada diatas suhu 38,5 derajat celcius.

Menjaga suhu tubuh agar tetap hangat juga perlu dilakukan, karena virus berkembang dengan cepat dalam keadaan suhu dingin. Gunakanlah baju tebal, mandi air hangat dan makan minum yang hangat-hangat. Dan ketika sudah terserang, hindari lingkungan yang sekiranya beresiko menyebabkan penyakit. Pakailah masker untuk menutup mulut dan hidung agar virus tidak menyebar kemana-mana. Jaga kebersihan dan disarankan jangan di ruangan yang ber-AC karena bisa mempercepat penyebaran virus. Jauhi pula minuman yang bersoda. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter secepatnya !

Didapat dari berbagai sumber….

No comments:

Post a Comment