Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Friday, February 1, 2013

Menstruasi Anda Bermasalah?


Menstruasi akan dialami oleh semua wanita yang sudah akil baligh. Namun ketika hal ini terjadi, tidak semua wanita akan mendapatkan kenyamanan. Ada hal-hal yang akan mengikuti gejala ini. Tetapi antar wanita kadarnya juga berbeda-beda.

Ada beberapa permasalahan yang biasanya menyertai menstruasi. Bisa sakit kepala atau nyeri rahim yang akan dialami oleh wanita yang sedang menstruasi. Nyeri dalam menstruasi atau dalam bahasa medisnya dismenore, akan menjadi masalah bagi setiap wanita pada setiap bulannya. Baik dalam skala yang ringan, atau bahkan bisa menjadi berat dan menjadikan kendala dalam menjalankan aktifitas seharai-hari.

Nyeri yang dirasakan pada saat menstruasi ada yang mengatakan normal dan ada yang mengatakan tidak normal. Pada seorang wanita yang belum pernah melahirkan, rasa nyeri yang dialami pada saat hari pertama dan kedua saat menstruasi itu disebabkan karena mulut rahimnya yang masih kaku. Hal tersebut disebabkan karena aliran darah menstruasi yang lewat rahim sehingga memerlukan kontraksi dari rahim yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Kondisi tersebut masih dianggap normal. Namun ketika nyeri tersebut dialami pada saat sebelum dan sesudah menstruasi, sebagai seorang wanita perlu waspada juga. Karena bisa jadi ada penyakit tertentu dan harus dibuktikan dengan pemeriksaan ke dokter. Hal tersebut juga bisa terjadi bagi wanita yang sudah melahirkan.

Memeriksakan diri ke dokter adalah tindakan pencegahan. Bisa jadi nyeri akibat menstruasi disebabkan oleh tumor. Namun semuanya dikembalikan kepada hasil pemeriksaan dokter. Pada beberapa wanita, siklus menstruasi ini kadang-kadang dibarengi pula dengan rasa sakit di kepala. Karena pada wanita terdapat hormon estrogen dan progesterone yang berperan mengatur siklus menstruasi dan kehamilan. Nah, hormon inilah yang dapat mempengaruhi zat kimia dalam otak yang berkaitan dengan sakit kepala. Sedang untuk wanita yang hormon estrogen rendah, hal tersebut bisa memperburuk sakit kepala yang dialaminya. Jadi, kemungkinan sakit kepala yang dialami pada saat menstruasi bisa disebabkan karena rendahnya hormon estrogen yang dimilikinya.

Jumlah keputihan yang menyertai menstruasi juga akan menjadi masalah, bisa juga masa haidnya menjadi lebih panjang. Kondisi seperti ini adalah faktor yang disebabkan oleh beberapa hal. Jadi jangan ragu lagi untuk pergi ke dokter agar masalah tersebut segera teratasi.

Memang banyak pilihan untuk mengatasi nyeri pada saat menstruasi. Dari solusi yang alamiah hingga obat-obatan atau minuman yang katanya bisa memberikan solusi terhadap nyeri pada saat menstruasi. Namun disarankan jangan minum sembarang obat. Rasa nyeri itu pusatnya di fikiran kita. Jika sakitnya dirasakan, maka rasa nyeri tersebut akan terasa terus. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan pola berfikir secara sehat atau melakukan aktifitas yang sehat. Hal tersebut dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari rasa nyeri dan aktifitas yang disarankan adalah dengan cara berolahraga. Minum pula air putih yang banyak dan mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin C, vitamin D, Magnesium dan Cokelat. Jadi usahakan mengkonsumsi obat adalah pilihan terakhir untuk mengatasi nyeri akibat menstruasi ini.

Didapat dari berbagai sumber….

No comments:

Post a Comment