Pada
waktu jalan, ketika kita mau menggunakan klakson ternyata suara klaksonnya
tidak bersuara nyaring lagi seperti biasanya, atau ketika pada waktu malam,
lampu utama sepeda motor atau mobil tidak terang lagi seperti biasanya. Ada apa
gerangan? Ternyata hal itu disebabkan oleh accu (aki) sepeda motor kita yang
tidak normal/rusak. Yang jadi pertanyaan
adalah, kenapa aki bisa rusak?
Penyebab
kerusakan accu (aki) adalah sebagai berikut :
1. Karena lama dipakai. Accu (aki) sama
dengan barang-barang lainnya yang akan berkurang kemampuannya sesuai dengan waktu
pemakaian, meskipun telah dirawat dan dipergunakan dengan benar. Tanda-tanda accu
(aki) yang sudah berkurang kemampuannya yaitu plat sudah mulai hitam, ram naik
dan sebagian pasta rontok. Seiring dengan usia accu (aki), penambahan air accu
(aki) harus semakn sering. Seiring dengan usia accu (aki), kemampuan untuk
menyimpan stroom semakin lemah.
2. Karena salah dalam pemasangan. Pemasangan
terminal plus (+) dan minus (-) yang terbalik, bisa menyebabkan korsleting.
Pemasangan terminal dalam keadaan kotor, mengakibatkan laju pengisian listrik
(stroom) terhambat. Pemasangan braket (clamp) yang kendor, mengakibatkan
vibrasi/getaran yang berlebihan sehingga menyebabkan rusaknya sel, terminal
bahkan korslet dan kemungkinan meledak.
3. Karena dipergunakan melebihi kemampuannya.
Sebagai contoh, mobil yang seharusnya menggunakan accu (aki) type n 70 diganti
dengan type n 50 (kapasitas lebih kecil berakibat turunnya usia accu/aki dari
yang seharusnya)
4. Karena kelebihan stroom (charging) dari dynamo
ampere. Accu (aki) yang diisi stroom berlebihan (over charging) data mengakibatkan
panas dan plat bengkok, bahkan menyebabkan rontoknya plat yang ada dalam sel
accu (aki).
5. Karena kurang perawatan. Accu (aki) yang
tidak dirawatmengakibatkan under charge dan turunnya usia / masa pakai accu
(aki) secara drastis. Sebagai contoh, accu (aki) dalam keadaan kotor baik casing
maupun terminalnya (parasitic load) dan accu (aki) yang kurang cairan
elektrolitnya (air accu/aki) dibawah level lower.
6. Karena efek kerusakan sistem kelistrikan
kendaraan. Sistem kelistrikan mobil sangat berpengaruh sekali terhadap usia
accu (aki). Dinamo ampere yang rusak dapat mengakibatkannya under charge atau
over charge. Dinamo starter yang rusak/korslet, dapat mengakibatkan under
charge bahkan dapat menyebabkan rusaknya accu (aki). Keadaan kabel-kabel dalam
kelistrikan mobil yang tidak baik, dapat menyebabkan terganggunya arus
pengisian (stroom) dan korsleting.
Untuk menghindari kerusakan accu
(aki), lakukanlah perawatan dan pemeriksaan sistem kelistrikan kendaraan anda
dengan teratur di bengkel langganan anda. (MSH)
No comments:
Post a Comment