Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, March 22, 2012

Tips Sehat : Kembali Bugar dengan Bahan Alami


Berolahraga adalah usaha kita untuk menambah cadangan energi dengan membakarnya agar stamina yang kita miliki tetap terjaga. Tetapi kita tidak boleh lupa bagaimana mengembalikan cadangan energi agar kembali seperti semula. Usaha tersebut bisa dengan cara alami, Sebagai contoh dengan mengkonsumsi madu secara teratur atau mengkonsumsi minuman energi yang tentunya mengandung bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet.

Usaha yang lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang merupakan sumber alami terbaik untuk meningkatkan energi. Didalam buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, nutrisi dan mineral yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh untuk jangka waktu yang panjang. Tidak seperti minuman-minuman berenergi yang dijual bebas di pasaran yang banyak mengandung zat-zat yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh walau kelihatannya tidak terlihat efeknya dalam jangka pendek. Untuk sayuran biasanya dapat mengkonsumsi brokoli, asparagus ataupun bayam yang kaya dengan vitamin B, magnesium, dan zat besi yang sangat baik untuk membantu mengembalikan energi.

Perlu diketahui, energi yang berasal dari buah dan sayuran lebih tahan lama daripada energi yang berasal dari daging merah. Sebagai ilustrasi adalah hewan bernama cheetah atau macan. Binatang itu mampu berlari kencang memburu mangsanya. Tetapi ketahanan mereka hanya berlangsung sebentar, kurang lebih sekitar 15 menit saja. Keadaan tersebut berbeda dengan binatang memamah biak, contohnya saja kuda. Binatang ini lebih tahan banting bekerja untuk jangka waktu yang lama. Mereka juga tak tampak kelelahan. Anda tahu sebabnya ? Ini dikarenakan kalori yang berasal dari buah atau sayur tidak langsung dikonversi menjadi energi, oleh karena itu energi yang berasal dari buah dan tumbuhan lebih tahan lama.

Untuk menjaga ketersediaan energi, mungkin akan lebih baik jika pola makan diatur sedemikian rupa agar menjadi sering tetapi dengan porsi yang lebih sedikit. Sehingga tubuh tidak terlalu dipaksa untuk menimbun kalori yang berlebihan yang akhirnya menjadi lemak.

Program yang lain sebagai pendukung adalah dengan meminum air putih. Cara ini adalah cara terbaik dan alami untuk meningkatkan energi. Saat tubuh merasa lelah, suhu inti tubuh akan meningkat seiring metabolisme melambat. Dengan meminum air putih yang cukup, akan membuat suhu tubuh kembali normal dan kita kembali mendapatkan sebagian energi yang hilang. Dan satu hal lagi yang jangan sampai dilupakan adalah bagaimana membuat tubuh kita istirahat dengan ideal atau cukup. Untuk orang dewasa sedikitnya membutuhkan jam istirahat 7-8 jam sehari. Kegiatan ini dibutuhkan untuk me-charge kembali energi dan merelaksasi otot-otot tubuh yang tegang karena aktifitas kerja dalam sehari. (MSH)

No comments:

Post a Comment