Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, March 15, 2012

Mengenal Tokoh Wayang Kulit Gathotkaca dalam Gambar (Introducing of Gathotkaca)


Nama lain / Julukan /Peparabe :
Arimbiatmaja / Bimasiwi / Guritna / Gurudaya

Nama Bapak :
Arya Bima / Wijasena / Werkudara

Nama Ibu :
Dewi Arimbi (putri dari negara Pringgadani)

Istri (garwa) dari Gathotkaca :
1.    Dewi Sumpani; dari beliau punya putra bernama Arya Jayasumpena
2.    Dewi Pregiwa; dari beliau punya putra bernama Sasikirana
3.    Dewi Suryawati; dari beliau punya putra bernama Suryakeca

Watak / Perangai dari Gathotkaca :
Kandel (kebal), Kukuh, Lantip, Waspada, Cukat trengginas (lincah), Trampil, Berbakti kepada yang lebih tua, Menyayangi saudara-saudaranya

Senjata dan Kesaktian :
Jika perang tidak pernah menggunakan senjata. Kalau memenggal kepalanya musuh, diputar hingga putus. Gigi taringnya dinamakan Siyung Kencana. Kalau menggigit lawan, lawannya bisa langsung tewas. Sering disebut dengan Satriya otot kawat, balung (tulang) wesi, sungsum gegala, driji (jari) gunting, kulit tembaga, sikut palu, dhengkul (lutut) paron. Memakai Kotang Antakusuma yang membuat bisa terbang tanpa sayap. Bisa melesat dengan lincah.  Kesaktiannya namanya Narantaka yang diberi oleh Resi Seta, kesaktian yang lain bernama Brajamusthi, Brajalamatan dan Brajawikalpa.

Sejarah lahirnya :
Ketika lahir wajahnya jelek seperti buta (raksasa), Giginya besar-besar, Matanya membelalak, Kulitnya kasar, Rambutnya kaku seperti ijuk. Tali pusatnya tidak bisa dipotong dengan senjata biasa. Bisanya dipotong menggunakan rangka pusaka yang diberi oleh Batara Narada. Setelah tali pusatnya putus, rangka pusaka itu hilang musnah masuk ke dalam tubuh Gathotkaca. Kemudian Gathotkaca dimasukkan ke dalam Kawah Candradimuka kemudian keluar menjadi Satriya ganteng, gagah perkasa dan sakti mandraguna.

No comments:

Post a Comment