Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, March 11, 2012

Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Persoalan yang terjadi pada anak kecil yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya tidak akan terjadi jika asupan nutrisi yang diberikan juga tepat. Ada standar RDA (Recommendation Dietery Allowence) baik dalam jumlah kalori, mineral dan vitamin yang harus sesuai dengan kebutuhan si anak agar dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal. Menurut Prof. Dr. DR. Subijanto MS SpA(K) dari SMF Kesehatan Anak Divisi Gastroenterologi RSUD DR Soetomo dan dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, jumlah nutrisi terseut berbeda-beda sesuai dengan usia dan kondisi si anak.

Segala macam nutrisi sangat dibutuhkan si kecil, hanya saja karbohidrat, lemak dan protein sangat penting pada masa tumbuh kembang. Ketiga zat tersebut nantinya akan bertemu dalam satu siklus untuk menghasilkan energi yang berguna untuk aktifitas mereka seperti bergerak dan bernafas.


Adapun salah satu contoh protein yang dibutuhkan adalah AA yang penting untuk pembentukan struktur membran sel otak (building structural) dan penyampai pesan (neurotransmitter-function). Kemudian lemak yang esensial untuk pertumbuhan otak  disebut asam lemak linoleat (LA) dan asam lemak alfalinoleat (ALA) dalam tubuh bayi merupakan bahan utama lemak arachidonat (AA-Omega 6) dan asam lemak Docosahaxaenoat (DHA). Kekurangan asam lemak esensial berakibat pada pertumbuhan membrane sel terutama sel saraf otak yang bisa berpengaruh pada perkembangan kepandaian anak.

Nutrisi yang lainnya yang penting adalah zat besi dan seng untuk menstimulasi kode genetik, struktur sel, untuk fungsi sel, dan pemberian kode pada sel itu sendiri. Kebutuhan nurisi lain untuk anak usia 1-5 tahun terutama yang sejalan dengan milestone tumbuh kembangnya termasuk omega 3 yang berkontribusi besar pada otak dan retina.

Seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh akan terserap maksimal jika fungsi pencernaan berfungsi dengan baik. Prebiotik diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit. Prebiotik berperan menutup block receptor sehingga kuman-kuman jahat tidak bisa masuk ataupun menempel pada sel-sel tubuh. Keberadaan prebiotik sebaiknya ditunjang dengan probiotik, yaitu kuman-kuman baik yang dapat membantu mempertahankan kerja saluran pencernaan.

Supaya tumbuh kembang anak bisa optimal sebaiknya pilih aneka ragam makanan mulai dari sayur, buah serta lauk pauk dan jangan lupa susu sebagai pelengkap untuk nutrisi tumbuh kembang si anak. Cari saja susu yang mampu menyediakan nutrisi braincare dan body defense seperti AA, DHA, Kolin, Omega 3 dan Omega 6.

No comments:

Post a Comment