Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, July 14, 2012

Apa Saja Kandungan dalam Air Susu Ibu (ASI) itu ?



Laktosa

Merupakan jenis karbohidrat utama dalam ASI yang berperan penting sebagai sumber energi. Laktosa juga akan diolah menjadi glukosa dan galaktosa yang berperan dalam perkembangan sistem syaraf. Zat gizi ini membantu penyerapan kalsium dan magnesium di masa pertumbuhan bayi.


Lemak

Zat ini berperan dalam pengaturan suhu tubuh bayi. Lemak di ASI mengandung komponen asam lemak esensial, yakni asam linoleat dan asam alda linoleat yang akan diolah oleh tubuh bayi menjadi AA dan DHA. Fungsi AA dan DHA sangat penting untuk perkembangan otak bayi.


Oligosakarida

Merupakan komponen bioaktif di ASI yang berfungsi secara prebiotik, karena terbukti meningkatkan jumlah bakteri sehat yang secara alami hidup dalam sistem pencernaan bayi.


Protein

Komponen dasar protein adalah asam amino yang berfungsi sebagai pembentuk struktur otak. Beberapa jenis asam amino tertentu yakni taurin, triptofan, dan fenilalanin yang merupakan senyawa yang berperan dalam proses ingatan.


Vitamin

Vitamin yang cukup lengkap dan mencukupi kebutuhan bayi hingga 6 bulan. Vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan sel-sel otak.


Didapatkan dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment