Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, July 14, 2012

Tips Mengolah Cumi-cumi


Cumi-cumi adalah binatang laut yang mempunyai daging kenyal dan rasanya enak. Meski begitu, masih ada yang belum paham mengenai cara bagaimana mengolahnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari proses memilih, membersihkan hingga memasaknya. Berikut ini tips cara mengolah cumi-cumi :


1.  Pastikan dalam memilih cumi-cumi dengan memperhatikan matanya. Cari yang matanya masih jernih, kulit arinya belum rusak, dagingnya yang padat, kenyal dan tidak berwarna kemerah-merahan. Disamping itu perhatikan pula dari baunya. Cari yang masih segar seperti bau ikan segar !

2. Cumi-cumi sebelum kita bawa pulang dari pasar, terkadang kita sudah meminta dibersihkan oleh penjualnya. Tetapi tidak ada salahnya jika sesampainya di rumah kita membersihkannya lagi. Apalagi jika anada menginginkan tintanya tidak hilang. Karena sebenarnya tinta cumi merupakan bagian yang paling dicari, sebab bisa membuat rasa cumi semakin khas dan sedap. Ketika membersihkan cumi, kita harus lebih hati-hati. Jika tidak, kantung tinta bisa pecah. Caranya, pisahkan bagian kepala dan badan cumi dengan menariknya secara perlahan-lahan.

3.  Saat memasak cumi-cumi ada hal yang perlu di perhatikan yakni waktu atau lamanya memasak. Jika memasaknya terlalu singkat atau terlalu lama, maka daging cumi akan terasa keras seperti karet. Jika anda memasak dengan suhu tinggi, waktu dua menit sudahlah cukup. Lebih dari itu, butuh waktu minimal 30-60 menit agar daging cumi-cumi menjadi empuk kembali.



Didapat dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment