Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, July 21, 2012

Bagaimana Menghindari Asam Urat ???

Penyakit asam urat bagi kita adalah penyakit yang sangat mengganggu kita dalam beraktifitas sehari-hari. Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi atau hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Gejala asam urat sangat penting untuk dikenali karena penyakit ini sangat rentan terjadi kepada siapa saja.

Asam urat adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya karena menyebabkan nyeri di persendian yang bisa menyebabkan terhambatnya aktifitas. Penting untuk mengenali gejala asam urat agar tindakan pencegahan terhadap penyakit ini dapat segera dilakukan.

Gejala-gejala asam urat antara lain kesemutan dan linu, nyeri terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun dari tidur. Sendi terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan terasa sangat nyeri. Selain nyeri sendi, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan batu ginjal serta dalam jangka waktu yang lama akan merusak ginjal secara permanen hingga diperlukan cuci darah seumur hidup. Kadar asam urat yang tinggi ternyata juga berhubungan dengan kejadian diabetes mellitus (kencing manis) dan hipertensi.

Penyakit asam urat ini tidak bisa dihindari, tetapi ada beberapa cara untuk mengendalikannya seperti mengontrol makanan yang dikonsumsi. Makanan yang harus dihindari karena mengandung banyak purin antara lain : lauk pauk (jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), sea food (udang, kerang, cumi, kepiting), makanan kaleng (kornet dan sarden), daging, telur, kaldu kental, kacang-kacangan dan olahannya (tempe, susu kedelai, tauco, emping melinjo, tauge), sayuran (bayam, daun singkong, kangkung, asparagus, kembang kol, buncis), buah-buahan (durian, alpukat, nanas, air kelapa), dan makanan minuman beralkohol (bir, tape, anggur).


Untuk mencegah kekambuhan dianjurkan minum banyak air putih. Sementara untuk penderita yang memiliki kelebihan berat badan, apabila berat badannya dikurangi, kadar asam urat sering mendekati normal. Cara pencegahan yang terbaik tentu dengan menghindari makanan tinggi purin seperti yang telah disebutkan diatas. Ada beberapa cara lain yang diantaranya mengkonsusi kopi dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan. Dan dalam kondisi terjadi serangan akut, obat penurun asam urat justru dapat memperberat rasa sakit sehingga harus dihindari. Konsumsi alcohol akan menurunkan buangan asam urat melalui ginjal. Cara efektif untuk membuang asam urat adalah dengan minum air minimal 8 gelas per hari. Jika masih ada keluhan, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Didapatkan dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment