Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, December 1, 2012

Cara Praktis Meredakan Migrain


Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan sakit kepala episodik dengan perubahan neurologis, pencernaan dan otonom. Faktor genetik berperan penting dalam migrain, tetapi pola pewarisan tertentu belum bisa didefinisikan. Dua pertiga hingga tiga perempat kasus migrain terjadi pada wanita. Sakit kepala yang hanya dirasakan pada sebagian kepala saja atau pada bagian tertentu saja.

Nyeri migrain dirasakan berdenyut-denyut yang disertai dengan mual, muntah dan juga takut pada suara dan cahaya. Tanda-tanda kemunculan sakit ini biasanya seperti mata berkunang-kunang atau mata mengabur secara tiba-tiba. Sakit ini biasanya dipicu oleh cuaca dingin atau panas, minum es, kelelahan fisik dan mental, ataupun terlambat makan.

Penyebab dari penyakit ini belum diketahui secara persis. Namun oleh pakar kedokteran, penyakit ini bisa diderita oleh semua usia. Untuk separuh kasus migraine adalah faktor turunan. Migrain biasanya menyerang di pagi hari. Padahal jam-jam tersebut adalah jam-jam produktif bagi kita dalam melakukan aktifitas rutin. Tentunya penyakit ini sangat mengganggu produktifitas. Bukan hanya karena rasa nyeri yang mendera yang membuat kita tidak bisa bekerja dengan maksimal, penderita biasanya juga mengalami gangguan emosi, depresi, mudah marah, dsb.

Ada cara praktis bagaimana meredakan migrain ini. Langkah pertama yaitu dianjurkan penderita untuk beristirahat. Penderita migraine biasanya peka terhadap cahaya. Oleh sebab itu, untuk meredakan nyeri, penderita disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Menenangkan diri sebaik-baiknya dan tidak ada salahnya dicoba untuk tidur.. Kemudian tindakan selanjutnya adalah, kompres bagian yang sakit dengan es atau air dingin, karena dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah. Selanjutnya jauhi pula sumber-sumber penyebab migrain. Ada beberapa zat yang dapat memicu migrain, seperti alkohol dan kafein. Jika sakit ini disebabkan oleh alergi, maka jauhi sumber alergi tersebut. Sebagai contohnya, alergi karena vetsi, atau coklat.

Ada yang berpendapat, sedikit kopi/kafein bisa meredakan migrain. Namun, jika lebih dari secangkir kopi akan menambah nyeri migrain. Jauhi pula cologne dan bau-bauan yang menyengat. Ini juga bisa memperparah sakit ini. Hangatkan bagian leher. Usahakan leher untuk rileks. Kelelahan pada leher juga dapat memicu sakit kepala. Saat beristirahat, tidak ada salahnya untuk memberikan pijatan lembut pada leher atau menghangatkan leher. Minum obat pereda sakit yang berupa analgesic dan antipiretik. Biasanya orang-orang memilih aspirin. Jangan lupa konsultasikan juga ke dokter anda.

Didapat dari berbagai sumber….

No comments:

Post a Comment