Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, December 2, 2012

Tips Untuk Si Penyuka Manis


Rasa manis memang banyak disukai oleh anak-anak. Hal ini perlu diwaspadai karena banyak penyakit yang bisa ditimbulkannya. Bisa penyakit diabetes, obesitas, karies pada gigi, dll. Untuk itu, pelajarilah tips dibawah ini sebagai pencegahan.

1.   Harus Kreatif dan Bertahap
Kita harus berani membatai konsumsi gula secara bertahap, sehingga anak tidak terlalu merasa kehilangan rasa favoritnya sekaligus mendapatkan asupan nutrisi lainnya. Utamakan produk makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti, biskuit, serta aneka olahan beras jagung, tepung terigu dan umbi-umbian daripada produk makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana seperti permen atau camilan manis lainnya.

2.   Gantikan Rasa Manis Gula dengan Rasa Manis dari Buah
Untuk menggantikan manis yang berasal dari gula, gunakan berbagai buah yang rasanya manis, seperti apel, pir, pisang dan melon. Bisa juga dengan aneka buah kering dengan tidak menggunakan tambahan gula seperti kismis atau kurma sebagai bahan campuran camilan si kecil. Gula buah atau fruktosa lebih manis daripada gula yang berasal dari gula pasir, apalagi bila yang digunakan konsentrat buah. Namun, hindari penggunaan buah kaleng dalam larutan gula, manisan buah dan jus kemasan yang biasanya tinggi kadar gulanya.

3.   Gunakan Rempah Bercita Rasa Manis
Mengurangi jumlah gula dalam makanan atau minuman dapat digunakan alternatif dengan menambahkan kayu manis, vanilla, daun mint, cengkeh, pala atau jahe. Ada keistimewaan zat gizi yang terkandung dalam rempah-rempah tersebut. Contohnya, satu sendok the kayu manis bubuk mengandung 28 mg kalsium dan sejumlah vitamin B kompleks, serat dan zat besi.


Baca juga artikel terkait :

http://orang-cerdas.blogspot.com/2012/11/karies-pada-anak-waspadalah.html

Didapat dari berbagai sumber…

No comments:

Post a Comment