Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, December 4, 2012

Parenting : Tips Agar Si Kecil Tidak Pemalu


Ada beberapa anak yang terkadang membutuhkan perhatian lebih dari orang tuanya. Sikap itu bisa dengan aktifnya seorang anak ketika di rumah. Namun, saat bertemu dengan orang lain yang baru dikenalnya, ia malah terdiamkan bahkan menyembunyikan dirinya. Sikap ini disebabkan oeh banyak hal. Bisa juga risih, takut, atau tidak terbiasa berada di lingkungan yang banyak orangnya.
Tidak ada salahnya jika anda mencoba tips berikut ini :

1.   Ajarkan kontak mata kepada anak anda.
Saat anda berbicara dengan si kecil, perintahkan si kecil untuk menatap anda. Katakan pada dia “Lihat mata ayah / mama sayang,” atau “Kalau bicara tatap mata ayah / mama ya”. Dengan pembiasaan seperti itu, maka si kecil akan terbiasa menatap orang lain saat berbicara, sehingga kepercayaan diri si kecil juga meningkat. Dan jika si kecil tidak nyaman melakukan kontak mata, katakan kepada si kecil untuk melihat hidung bagian atas dan akhirnya akan terbiasa melihat mata lawan bicaranya.

2.   Ajarkan kalimat / kata pembuka dan penutup.
Buatlah daftar kata / kalimat untuk membuat si kecil lebih gampang melakukan percakapan. Sebagai misal, bagaimana yang harus dia katakan kepada orang yang dia kenal, kepada orang dewasa, atau kepada orang yang belum dia kenal sama sekali atau mungkin teman barunya di sekolah. Ajarkan dengan rutin agar si kecil merasa nyaman melakukan percakapan. Ada baiknya anda langsung mempraktekkannya dengan menelepon seseorang yang telah dikenalnya.

3.   Kondisikan dalam situasi.
Jangan segan mengajak anak terlibat pada acara sekolahnya yang memungkinkan dia untuk tampil. Bantu pula si kecil dengan bagaimana cara saat bertemu dengan orang lain, melakukan percakapan hingga mengucapkan selamat tinggal dengan baik. Saat anda berkumpul dengan teman-teman anda, usahakan si kecil juga diajak agar bisa bersosialisasi.

4.   Latihlah berkomunikasi dengan anak yang lebih muda.
Tidak ada salahnya untuk mengkondisikan si kecil dengan teman-temannya yang lebih muda, ini biasanya bisa menambah percaya diri si kecil. Bisa dimulai dengan saudara sepupunya yang masih kecil atau teman disekitar rumah.

5.  Satu lawan satu.
Kembangkan komunikasi satu lawan satu. Ada seorang psikolog Dr. Fred Fankel yang mengembangkan metode “One on One Play Dates” yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Caranya bisa dengan mensituasikan dia dengan hanya memiliki satu teman, dan biarkan mereka beradaptasi selama beberapa jam. Sediakan pula makanan dan minuman ringan serta minimalkan interupsi. Dan jangan biarkan mereka asyik menonton televisi secara sendiri-sendiri atau bermain permainan individu supaya mereka tetap berinteraksi.

Selamat mencoba…..

Didapat dari berbagai sumber….

No comments:

Post a Comment