Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, May 19, 2013

Mari Mengenal Kunang-kunang



Kunang-kunang merupakan hewan noktural, yakni hewan yang aktif di malam hari. Seperti banyak hewan-hewan laut dalam yang memiliki kemampuan menghasilkan cahaya sendiri, kunang-kunang juga memiliki kemampuan menghasilkan cahaya sendiri yang biasa disebut bioluminesens.


Cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang adalah cahaya dingin, biasanya berwarna hijau, kuning ataupun merah pucat. Kenapa disebut dengan cahaya dingin? Oleh karena cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang tersebut tidak menghasilkan panas. Berbeda dengan bohlam lampu, selain menghasilkan cahaya, bohlam lampu juga menghasilkan panas.

Cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang berasal dari bagian bawah perutnya (abdomen). Di bagian bawah perut kunang-kunang terdapat suatu zat kimia yang disebut dengan luciferin serta menghasilkan enzim luciferase. Dalam membuat cahaya, luciferin ini bekerjasama dengan gas oksigen (O) yang diambil dari udara lewat saluran pernafasan trakeola. Nah, enzim luciferase inilah yang berperan mempercepat proses pembentukan cahaya.

Kerlap-kerlip cahaya pada perut kunang-kunang ini bertujuan untuk menarik lawan jenis agar dapat bereproduksi (kawin) serta untuk menghalau predator (hewan pemangsa).

Didapat dari berbagai sumber…...

No comments:

Post a Comment