Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, May 19, 2013

Peristiwa Proses Fotosintesis Pada Daun

Saat memasak makanan atau berfotosintesis, tumbuhan memang perlu menghirup karbondiokasida (CO) yang terdapat di udara. Karena karbondioksida merupakan salah satu bahan baku yang dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, selain cahaya matahari, mineral (zat hara) dan HO (Air).

Fotosintesis merupakan proses pembuatan energi atau zat makanan (glukosa) yang berlangsung menggunakan mineral (zat hara), CO (karbondioksida) dan HO (Air), dengan bantuan sinar matahari.

Fotosintesis ini berasal dari kata Foto (photo) yang berarti cahaya dan sintesis (synthesis) yang berarti proses pengolahan / pembuatan.
Selain makanan (glukosa), proses fotosintesis ini juga menghasilkan O (Oksigen) yang dikeluarkan melalui daun.

Pada dasarnya selain untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi tumbuhan yang sedang berfotosintesis, proses fotosintesis ini juga sangat membantu dalam membersihkan udara dengan cara mengurangi karbondioksida (CO) dan menghasilkan oksigen yang sangat berguna untuk kelangsungan kehidupan di bumi ini.

Makhluk hidup yang mampu melakukan proses fotosintesis selain tumbuhan yakni alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi, karena semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis.

Didapat dari berbagai sumber…..

No comments:

Post a Comment