Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, May 19, 2013

Sekilas Mengenai Nyamuk


Nyamuk merupakan serangga yang tidak menyukai lingkungan yg berhawa panas. Pada saat cuaca sedang panas, biasanya nyamuk untuk lebih memilih berdiam diri di tempat yang gelap dan dingin. Oleh karena itu, kita lebih sering menemui serangga ini di waktu pagi, sore dan malam hari.


Meski begitu, terkadang kita juga sering menemui nyamuk yang berkeliaran di siang hari. Nyamuk yang sering berkeliaran pada siang hari yakni nyamuk kebun (Aedes Albopictus) atau yang masyarakat umumnya menyebut nyamuk kebun, dan juga Aedes Aegypti atau yang disebut nyamuk demam berdarah.



Alasan lain kenapa nyamuk sering mengunjungi mangsanya pada malam hari karena lebih mudah untuk mendekati mangsanya  dan menghisap darahnya karena sebagian besar manusia dan hewan pada malam hari sudah tidak banyak beraktifitas.


Ada beberapa jenis nyamuk yang dapat menularkan penyakit, antara lain :
-     Nyamuk anopheles sp. yang menularkan penyakit malaria melalui parasit plasmodium.
-   Nyamuk aedes aegypti yang menularkan penyakit demam berdarah melalui virus dengue.
-  Nyamuk Culex fatiqans yang menjadi perantara penyakit kaki gajah. Nyamuk ini membawa larva microfilaria (telur cacing) penyebab penyakit kaki gajah.

Bagaimana nyamuk menularkan penyakit?
Nyamuk menularkan penyakit melalui air liurnya. Pada saat nyamuk mengisap darah orang yang menderita suatu bibit penyakit, bibit penyakit dari orang tersebut akan ikut masuk ke dalam tubuh nyamuk. Selanjutnya bibit penyakit tersebut kemudian akan berkembang biak di dalam tubuh nyamuk.



Pada saat nyamuk tersebut menghisap darah manusia yang sehat, maka sebagian parasit yang berada di tubuh nyamuk akan berpindah ke tubuh korbannya bersamaan dengan air liur nyamuk. Dan, orang sehat yang tergigit oleh nyamuk tadi, akan tertular penyakit yang dibawa nyamuk yang telah menggigitnya tersebut.

Perlu kita ketahui bahwa nyamuk yang menghisap darah manusia adalah nyamuk yang berjenis kelamin betina.

Didapat dari berbagai sumber………

No comments:

Post a Comment