Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, May 30, 2013

Kenapa Daun Putri Malu Menguncup Jika Disentuh?

Sebagai makhluk hidup, tumbuhan putri malu mempunyai salah satu cirri yakni mampu mengenali berbagai bentuk rangsangan dan juga sekaligus dapat menanggapi rangsangan tersebut. Hal tersebut berbeda dengan manusia atau hewan yang dapat merasakan, mencium, mendengar, melihat dan meraba. Manusia dan hewan akan merasakan belaian, bentakan, pukulan atau yang lainnya dan akan menanggapinya dengan tindakan tertentu.

Untuk tumbuhan lain lagi karena tumbuhan tidak memiliki indra khusus. Namun ada beberapa jenis tumbuhan yang memiliki zat tertentu didalam tubuhnya. Dan salah satunya adalah tumbuhan putri malu. Zat tersebut yang menyebabkan tumbuhan putri malu dapat menanggapi atas rangsangan yang diterimanya yakni dengan cara menguncupkan daunnya bila disentuh. Selain itu, tumbuhan putri malu ini jika dirangsang dengan udara panas atau dingin, atau juga tertiup angin, akan menguncupkan daunnya. Pada malam hari, tumbuhan putri malu ini juga akan “tertidur” dan “terbangun” ketika matahari bersinar.



Tumbuhan putri malu menutup daunnya sebagai upaya untuk melindungi dirinya dari berbagai gangguan. Gangguan tersebut bisa berasal dari hewan pemakan tumbuhan yang akan menyantapnya. Tumbuhan ini juga akan mengubah warna daun bagian bawah menjadi lebih pucat seperti kelihatan layu agar hewan pemakan tumbuhan tidak tertarik lagi untuk memakannya.

Dari tingkahnya yang unik ini membuat kita menilai bahwa tumbuhan ini adalah makhluk yang pemalu, dan itulah kenapa tumbuhan ini dinamakan “putri malu”.

Didapat dari berbagai sumber……

No comments:

Post a Comment