Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Monday, July 15, 2013

Bagian Daging Kambing Yang Aman Untuk Dikonsumsi



Cara Membuat Daging Kambing Empuk dan Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing.


Banyak orang yang menghindari mengkonsumsi daging kambing karena takut terkena kolesterol dan darah tinggi. Namun perlu anda ketahui bahwa boleh saja mengkonsumsi daging kambing asalkan anda tahu bagian daging kambing dan daging kambing seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi.

Untuk menghindari kolesterol dan darah tinggi, sebaiknya anda mengkonsumsi daging kambing tanpa lemak dengan cara memisahkan daging kambing dari lemaknya. Memang kenyataannya daging kambing yang berlemak memiliki rasa yang lebih lezat dan gurih. Namun kadar lemaknya yang tinggi tersebut yang akhirnya memicu berbagai macam penyakit.

Langkah selanjutnya yakni dengan memilih daging kambing dari kambing yang masih muda karena rendah kadar lemaknya dibandingkan dengan daging kambing yang berasal dari kambing yang sudah tua. Selain itu, bukan hanya karena alasan kesehatan menjadi alasan satu-satunya orang tidak mau mengkonsumsi daging kambing. Kesulitan dalam mengolah dagingnya karena tekstur yang keras dan bau prengus (bau menyengat khas daging kambing) yang membuat orang enggan untuk mengkonsumsinya.

Untuk mengolah daging kambing agar teksturnya tidak menjadi keras dengan cara sebagai berikut :
-   Bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Enzim papain dalam daun pepaya dapat membuat daging kambing menjadi lunak. Caranya yaitu ambil daun pepaya, memarkan tulang daunnya dan gunakan untuk membungkus daging kambing. Diamkan minimal satu jam sebelum daging dimasak.
-     Selain itu, anda juga bisa melumuri daging kambing dengan parutan nanas yang masih muda. Diamkan minimal satu jam, cuci hingga bersih dan daging kambing siap untuk diolah.
-     Cara lain, anda juga bisa merebusnya dengan santan. Santan tidak hanya membuat daging kambing menjadi lunak, tetapi juga membuat rasanya lebih gurih.

Selain itu, ada cara untuk membuat bau prengus dari daging kambing yakni :
-   Alangkah baiknya daging kambing tidak dicuci. Cukup dengan melumurkan air jeruk nipis dan didiamkan beberapa saat sebelum diolah. Karena tidak perlu dicuci, maka jauhkanlah daging kambing dari kotoran agar tidak terkena kotoran sehingga anda tidak perlu mencucinya.
-     Rebus daging kambing dengan air mendidih dan buang buihnya.
-   Masak daging kambing dengan rempah-rempah. Rempah-rempah ini yang nantinya berfungsi untuk menghilangkan bau prengus dari daging kambing.

Didapat dari berbagai sumber…..

No comments:

Post a Comment