Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, June 22, 2013

Mengenal Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui (Tak Terbarukan)

Di bumi ini ada 2 sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang bisa dibuat / diciptakan kembali (regenerasi) atau yang sengaja disediakan oleh alam dalam jumlah yang tidak terbatas sehingga tidak akan cepat habis. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dihasilkan oleh alam dalam jumlah terbatas, atau proses menghasilkan sumber daya tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga akan cepat habis jika tidak bijak dalam penggunaannya.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui antara lain :

Minyak Bumi
Minyak bumi berasal dari jasad renik (makhluk hidup kecil-kecil) hewan laut dan hewan purba yang tertimbun lumpur berjuta-juta tahun yang lalu. Karena tertimbun dalam waktu yang lama, jasad renik tersebut berubah menjadi lumpur yang mengandung minyak. Nah, lumpur minyak yang tertimbun jauh di dalam bumi itulah yang diambil oleh manusia dalam bentuk minyak mentah yang biasa kita sebut dengan minyak bumi. Proses untuk membentuk minyak bumi dibutuhkan waktu sedikitnya 400 juta tahun. Minyak bumi dapat diolah menjadi bensin, bahan bakar pesawat, solar, minyak tanah, oli, plastik, aspal dan lilin. Jika setiap tahun manusia memakai minyak bumi olahan tanpa perhitungan, dapat kita bayangkan apa yang akan terjadi beberapa tahun lagi. Minyak yang berada didalam bumi ini akan mengalami kelangkaan.

Batu bara

Batu bara termasuk juga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Batu bara berbentuk arang batu yang digunakan sebagai bahan bakar lokomotif kuno, setrika kuno, pabrik dan berbagai keperluan di rumah penduduk pada masa lampau. Batubara juga sering disebut dengan nama “Emas Hitam”.



Gas Alam
Gas alam juga merupakan energi yang tak terbarukan (tidak dapat diperbarui). Gas alam ini biasa dijadikan gas LPG sebagai bahan bakar kompor gas.

Bahan Tambang Lainnya (Logam dan Non Logam)
Bahan tambang logam antara lain tembaga, besi, alumunium, emas, perak, platina, nikel, dll
Bahan tambang non logam antara lain batu kapur, granit, marmer, dan pasir kwarsa (untuk membuat gelas, amplas dan kaca).

Mari kita selamatkan bumi ini dari kehancuran akibat eksplorasi yang tanpa memperhatikan keseimbangan ekosistem !!!


Didapat dari berbagai sumber……

No comments:

Post a Comment