Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, June 11, 2013

Sedikit Mengenal WhatsApp, Line, WeChat dan Kakao Talk



Sekarang ini sedang tumbuh persaingan antara penyedia layanan perpesanan instant. Penyebabnya adalah karena pengguna ponsel di Indonesia menyukai sistem pengiriman pesan instant. Ini yang membuat berbagai aplikasi Cina hingga Amerika berusaha memikat konsumen Indonesia.
Di Indonesia ada beberapa aplikasi yang bersaing secara ketat, yakni WeChat, WhatsApp, Line dan Kakao Talk. Dari keempat layanan pesan instant ini, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari kita lihat dibawah ini :

WhatsApp
WhatsApp dibuat oleh para punggawa Yahoo, Jan Koum dan Brian Acton yang berbasis di California, Amerika Serikat. Sistem aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dengan cara membeli lisensi dalam jangka waktu tertentu. Adapun platformnya untuk gadget yang berbasis Android, iOS, Blackberry, Symbian, Symbian, S40, Blackberry OS, Balckberry 10 dan Windows Phone.
Kelebihannya dari layanan WhatsApp ini terletak pada antarmuka dan fungsi yang standar, sehingga siapapun bisa dengan mudah menggunakannya termasuk untuk kalangan pebisnis yang ingin layanan secara simpel.
Kekurangan layanan WhatsApp ini yaitu dengan fitur yang hanya standar ditengah persaingan memang cenderung untuk relatif disukai atau tidak. Namun yang menjadi kendala adalah untuk para pengguna layanan ini terkadang harus membayar untuk jangka waktu tertentu.

Line
Layanan ini terkenal tak hanya sebagai penyampai pesan kata, namun juga ada animasi yang lucu-lucu. Layanan ini tak hanya sekedar menawarkan instant messaging, para pengguna Line ini bisa menelepon sesame anggota Line dengan berbasis Voice Internet Protocol (VoiP). Platform layanan ini untuk gadget yang berbasis Android, iOS dan Blackberry.
Kelebihan dari layanan Line ini adalah tak hanya sekedar bertukar pesan tertulis, para pengguna pun bisa berbagai gambar animasi dengan berbagai karakter yang tak biasa, termasuk saat beralih ke PC.
Kekurangan dari layanan Line ini yaitu walaupun pada dasarnya Line tidak berbasis nomor telepon, pengguna bisa dengan mudah meng-add akun Line, tanpa perlu di-approve. Nah, bagi sebagian orang, tahu-tahu akan muncul akun yang tidak dikenal atau yang tidak diinginkan.

WeChat
Layanan ini mencuri perhatian para pengguna ponsel pintar (smartphone) dengan berbagai fitur yang diklaim lebih lengkap. Fitur seperti berbagi pesan, Voice Internet Protocol (VoiP) dan emoticon sudah pasti ada di layanan ini. Berbagi aktifitaspun bisa dilakukan seperti layaknya Line. Fitur Look Around memungkinkan pengguna mencari sesame pengguna layanan ini di lokasi tempatnya berada. Platform layanan ini untuk gadget berbasis Android, Symbian, iOS, Blackberry (OS5 keatas).
Kelebihan dari layanan WeChat ini adalah Fitur Look Around dan switch ke PC yang mudah, paling menarik dari fitur standar lainnya.
Kekurangan dari layanan WeChat ini yaitu jika anda penggemar berat ikon bergerak yang lucu, WeChat sepertinya kurang berasa dari segi karakter dan ekspresinya.

Kakao Talk
Layanan ini berasal dari negara Korea Selatan. Selain berbekal fitur standar, seperti berbagai pesan dan gambar, Kakao Talk juga menawarkan berbagai fitur menelepon gratis berbasis VoiP. Namun kelebihan free call di Kakao Talk, para pengguna bisa menelepon secara bersamaan tanpa batas. Platform dari layanan ini adalah untuk gadget berbasis, Android, iOS dan Blackberry.
Kelebihandari layanan Kakao Talk ini adalah menelepon gratis atau group chat sesame akun dengan jumlah yang sangat banyak. Item sticker atau emoticon pun bisa dicoba sebelum dibeli.
Kekurangan dari layanan Kakao Talk ini yakni bagi sebagian pengguna, emoticon di layanan ini kurang ekspresif dan fitur yang ditawarkan juga setengah-setengah, alias tidak banyak dan juga tidak sedikit pula.

Dari sedikit keterangan diatas, maka tinggal pengguna saja yang memilih layanan perpesanan instant mana yang akan dipilih. Jika mau yang ringan dan stabil, bisa pilih layanan WhatsApp. Sedangkan jika pengguna mau mengekspresikan emosinya dengan sticker bisa menggunakan layanan Line. Jika ingin pertemanannya tersaring sesuai dengan yang diinginkannya, bisa menggunakan WeChat karena prosedurnya serupa dengan Blackberry Messenger. Sebelum bertukar pesan dengan pengguna lainnya, ada request pertemanan yang dilayangkan dahulu. Atau juga bisa menggunakan Kakao Talk yang bisa menelepon secara bersamaan. Yang pasti semua terserah kepada pengguna sendiri mau pilih yang mana.

Didapat dari berbagai sumber…….

No comments:

Post a Comment