Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, June 11, 2013

Parenting : Waktu Khusus Untuk Bunda



Tidak ada istilah hari libur untuk Bunda. Hari-hari selalu dipenuhi dengan kegiatan yang padat. Mulai dari mempersiapkan segala sesuatunya untuk anak-anak berangkat sekolah, mempersiapkan keperluan suami berangkat ke kantor, memasak, membersihkan rumah, mencuci, hingga mendongeng untuk anak ketika akan berangkat tidur.


Aktifitas ini bisa membuat bunda akan merasa jenuh dan bosan. Jika hal ini tidak segera diatasi, bisa menimbulkan stres. Apalagi jika bunda juga bekerja diluar. Karena itu, dibutuhkan waktu khusus untuk bunda merelaksasi diri. Kebosanan atau stres bisa membuat emosi bunda menjadi labil.

Waktu khusus untuk bunda diperlukan agar hidup berjalan seimbang. Momen memanjakan diri baik secara fisik maupun psikis sangatlah banyak manfaatnya. Para bunda jangan ragu untuk menyisihkan waktu sejenak agar juga punya waktu untuk diri sendiri.

Menyisihkan waktu khusus untuk diri sendiri tidak harus menunggu saat libur panjang. Sekitar sepuluh hingga lima belas menit saja sudah cukup untuk bunda benar-benar merasa istirahat total dan tidak merasa bersalah setelah melakukannya.

Pemilihan waktu juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan memaksa melakukan kegiatan ini pada waktu yang tidak tepat. Bisa-bisa malah hasilnya jauh dari harapan. Jangankan merasa segar, yang ada justru dirundung rasa bersalah. Sebagai contoh, pengen jalan-jalan ke Mall sendiri. Sesampainya di Mall, malah bingung sendiri dan sedih memikirkan anak yang sedang ditinggalkannya di rumah.

Waktu khusus ini sebenarnya tidak harus dilakukan diluar rumah. Bunda bisa melakukannya didalam rumah dengan melakukan aktifitas yang dianggap paling menyenangkan. Antara bunda yang satu dengan yang lain pasti beda cara mengisi waktu khusus ini. Tolok ukur keberhasilannya adalah perasaan rileks tanpa adanya rasa bersalah. Beberapa bunda mungkin bisa mencampurkan kegiatan waktu khusus ini dengan kegiatan bersama anak. Jadi mengisi waktu ini berbeda-beda pula caranya.

JIka bunda bisa menikmati waktu khusus ini, akan membuat para bunda lebih segar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dengan lebih baik. Dan jangan lupa, konsultasikan pula dengan suami soal waktu khusus ini agar mendapatkan dukungan dari suami.
Bagaimana membuat waktu khusus ini menjadi berkualitas? Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengisinya. Nge-date misalnya. Kata siapa mengisi waktu khusus ini dengan sendirian? Pergi bersama suami bisa dijadikan pilihan, dan sekaligus menghangatkan hubungan. Bisa juga dengan menekuni kembali hobi yang kerap terlupakan ketika mulai berkeluarga. Bisa juga dengan mengisi pagi dengan tidak melakukan apapun, hanya duduk tenang sambil minum teh hangat sebelum memulai hari. Atau juga dengan menjadikan mandi sebagai momen untuk menyegarkan diri sendiri. Nikmati sesi sendiri tersebut dengan guyuran air dan wanginya sabun agar lebih rileks.

Selain itu ada juga pertanyaan, bagaimana menemukan waktu yang tepat untuk memanjakan diri sendiri? Tidak bisa dipungkiri semua manusia itu butuh tidur. Namun tidak ada salahnya membunyikan weker sepuluh atau lima belas menit lebih awal akan membawa perubahan suasana. Nah, gunakanlah waktu ini untuk bermeditasi atau mendengarkan musik. Buatlah jadwal dengan sepengetahuan suami tentunya. Dan penuhi jadwal tersebut seperti bunda memenuhi janji pada seseorang. 

Bisa juga dengan membuat catatan harian, namun jangan di media online karena ada hal-hal yang bersifat privasi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Belilah buku dan mulailah mencatat. Itu bisa dijadikan katarsis saat malam setelah seharian diiisi kegiatan rutinitas yang sangat melelahkan.

Didapat dari berbagai sumber……

No comments:

Post a Comment