Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, October 25, 2012

Efisiensi Pendingin Oli (Oil Cooler) pada Kendaraan Roda Tiga


Banyak kendaraan roda tiga sedang tren menggunakan sistem pendingin yang diklaim akan meningkatkan kinerja mesin secara optimal. Tetapi yang perlu diingat bahwa sistem pendingin tersebut harus lebih efektif dan efisien jika digunakan, agar biaya operasional untuk usaha kita tidak terjadi pembengkakan akibat perawatan ataupun perbaikan ketika kita membeli roda tiga yang menggunakan sistem pendinginan.
Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para konsumen ketika akan membeli kendaraan roda tiga. Pilih yang menggunakan pendingin oli (oil cooler) atau yang menggunakan radiator (water cooler).
Berikut ini kita sampaikan perbandingan antara pendingin oli (oil cooler) dengan radiator (water cooler) :

1.   Cara kerja sistem pendingin.
Setiap bentuk mesin motor dirancang secara unik sesuai dengan kinerja komponen didalamnya. Mesin roda tiga 200 cc yang menggunakan oil cooler dan sirip pada konstruksi mesin sebagai pendingin membuat oli secara konsisten mendinginkan mesin pada saat mesin tersebut dihidupkan/bekerja. Sedangkan sirip mesin berfungsi menyalurkan panas mesin keluar sehingga mempercepat pendinginan suhu dalam mesin. Pada sistem mesin yang menggunakan radiator (water cooler), kinerjanya sangat tergantung pada kinerja fungsi kipas pendingin dan cairan pendingin (liquid coolant), sehingga apabila kipas pendingin tidak berfungsi, secara otomatis mesin akan overheat dan merusak komponen-komponenya akibat dari tidak berfungsinya sistem pendingin.

2.   Penggunaan jenis substansi pendingin.
Pada oil cooler, penggunaan oli menjadikan kotak pendingin secara otomatis terlindung dari karat, itu membuat komponennya lebih awet. Sedangkan pada sistem radiator (water cooler), penggunaan liquid coolant-nya perlu diperhatikan. Apabila tidak menggunakan cairan yang baik atau hanya menggunakan air biasa, lama-kelamaan akan terjadi karat pada komponen-nya, karena air merupakan substansi yang bersifat korosif.

3.   Kinerja pendinginan.
Sistem pendingin water cooler didukung oleh kipas sebagai komponen penting dalam mendinginkan suhu mesin dengan cepat. Sedangkan pada roda tiga dalam hal ini Tossa, menggunakan extra fan untuk meningkatkan kinerja pendinginan oil cooler. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak selalu dibutuhkan penggunaan extra fan pada  kendaraan anda.
Konstruksi mesin Tossa Hercules telah dirancang sesuai dengan daya angkut yang direkomendasikan. Sehingga apabila konsumen menggunakan kendaraan sesuai dengan beban dan ketentuan, tidak diperlukan adanya penambahan extra fan. Dengan kata lain, extra fan hanya akan menjadi aksesoris yang fungsinya tidak diperlukan.

4.   Harga yang lebih ekonomis.
Penyematan water cooler pada kendaraan roda tiga yang notabene memiliki jumlah komponen lebih banyak dan perawatan yang tinggi, menjadikan harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan oil cooler. Sedangkan fungsionalnya kurang signifikan. Jadi jika untuk investasi usaha, lebih smart jika kita menggunakan mesin yang menggunakan oil cooler. (o-c).

Dapatkan segera Tossa New Super Hercules Series di dealer terdekat !!!
 

No comments:

Post a Comment