Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Wednesday, October 10, 2012

Parenting : Tips Mengajarkan Kejujuran Kepada Anak



1.  Bersikaplah tenang dan berusaha untuk tetap berfikir positif. Jika kita mendapati seorang anak berbohong , maka kita jangan langsung memarahinya. Kita harus bersikap tenang, agar tujuan yang akan kita sampaikan ke anak menjadi lebih mudah diterima daripada menyampaikannya dengan marah-marah. Beri motivasi kepada anak agar bersikap jujur dan bertanggung jawab dengan tidak langsung memarahinya ketika mereka melakukan kesalahan. Seperti contohnya ketika anak mengaku membolos sekolah atau memecahkan sebuah piring dan meminta maaf. Maka dari itu, kita segera untuk memaafkannya.

2. Segera cari tahu kenapa anak tersebut berbohong. Biasanya, anak melakukan kebohongan dikarenakan dia takut dihukum. Atau bisa juga ketakutan akan akibat dari kesalahan yang dia lakukan. Anak melakukan kebohongan bisa juga dia takut karena akan dimarahi sama orang tuanya. Apa yang telah dilakukan oleh anak semuanya selalu ada alasannya. Alangkah lebih baiknya kita sebagai orang dewasa bertanya pada diri sendiri, “apa tujuan anak sehingga melakukan kebohongan?”

3. Jadilah contoh yang baik bagi anak. Sebagai orang tua, janganlah kita suka membohongi anak. Sekali orang tua berbohong, maka kepercayaan anak terhadap orang tua menjadi hilang. Jika orang tua menjanjikan anaknya sesuatu, maka anak akan selalu menagih janji. Apabila kita sebagai orang dewasa tidak menunaikan janji kita, maka anak menganggap kita telah berbohong, dan secara tidak sengaja kita telah mengajarkan anak untuk berbohong. Jangan sekali-kali menyuruh anak berbohong, apaun itu alasannya. Dan jangan membuat alasan dengan kalimat, berbohong untuk kebaikan, karena seorang anak belum bisa menyaring hal ini. Yang perlu kita perhatikan adalah, anak itu mudah meniru apa yang dia lihat disekitarnya.

4. Pemberian sanksi yang tegas. Pemberian sanksi ini dilakukan jika anak melakukan kebohongan lagi tetapi jangan berupa hukuman fisik. Sebelum sanksi ini diberikan kepada si anak, ada baiknya jika anak ketahuan berbohong dan minta maaf, bahas dengan si anak apa konsekuensi yang akan diberikan jika anak berbohong lagi. Jadi biasakan seorang anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Didapat dari berbagai sumber…..

No comments:

Post a Comment