Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Saturday, October 27, 2012

Kebiasaan Tidur Yang Membahayakan Kita


Tidur adalah kebutuhan manusia yang alamiah. Metabolisme tubuh ditata kembali apabila tidur kita berkualitas yang artinya kita membutuhkan tidur dengan tenang tanpa gangguan apapun. Dalam tidur, badan juga bisa melakukan regenerasi sel tubuh yang mati.

Bagaimana cara mendaptkan tidur yang berkualitas? Salah satu caranya bisa dengan memadamkan lampu pada waktu tidur untuk mendapatkan hormon melatonin secara maksimal.

Bagaimana jika kita menonton TV atau mendengarkan musik tertidur? Kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik atau menonton TV sampai tertidur, atau membiarkan lampu diruangan menyala terang memang sulit untuk dihilangkan dan bahkan menurut sebagian orang, kondisi seperti itu membuat mereka menjadi lebih cepat tertidur. Tetapi pada kenyataannya setelah mereka bangun, mereka merasa lebih tegang (stres). Bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur semalaman.

Kenapa bisa seperti itu? Pada saat kita tidur sebetulnya otak tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktifitasnya walaupun tidak sesibuk seperti pada waktu kita bangun / terjaga yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh. Pada malam hari, seiring menurunnya aktifitas tubuh, ritme gelombang otak pun ikut mengalami penurunan. Namun apabila kita tidur sambil mendengarkan musik atau televise masih dalam keadaan hidup, atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita.

Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Selanjutnya, gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk. Dan apabila ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak untuk otak kita. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. Jadi jangan biarkan otak anda kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangakan pada siang hari, otak kita juga akan bekerja ekstra keras oleh kegiatan rutin kita.

Didapat dari berbagai sumber…..

No comments:

Post a Comment