Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Sunday, October 28, 2012

Tips Menangani Ponsel / HP Yang Terkena Air


Banyak orang yang masih belum tahu apa yang harus dilakukan jika HP / ponselnya terkena air. Jangan panik dan bingung dengan apa yang harus dilakukan. Tidak ada salahnya untuk melakukan tips berikut ini :

1.  Ambillah handuk kering dan keringkan ponsel anda. Jika ponsel berbentuk flip, maka anda harus membukanya dan mengeringkan layar beserta tombol-tombol ponsel menggunakan handuk kering tersebut.

2. Lepas baterai dan gunakan handuk tersebut untuk mengeringkannya jika masih ada air di dalamnya.

3.  Tunggu dulu kira-kira satu jam, kemudian letakkan kembali baterai ke posisi semula ke dalam ponsel anda, dan berharap ponsel dapat hidup kembali. Namun jika tidak bisa juga, maka segeralah lepas baterainya kembali untuk menjaga komponen lainnya agar tidak rusak.

4.  Diamkan ponsel hingga hari berikutnya. Kemudian pada sore hari, bentangkan handuk di permukaan yang datar di halaman depan atau belakang rumah. Kemudian taruhlan ponsel diatasnya, berikut baterainya untuk dikeringkan. Ketika hari sudah gelap, bawalah ponsel masuk kedalam rumah. Anda dapat mengulangi langkah ini dalam waktu sekitar lima hari.

5. Setelah beberapa hari dilakukan pengeringan dengan sinar matahari, kemudian anda bisa menggunakan blow dryer dengan panas yang rendah, dan menempatkannya sekitar 3 inchi dari baterai ponsel. Ini dilakukan sekitar 30 menit.

6. Kemudian letakkan baterai ponsel kembali ke ponsel, lalu coba nyalakan. Jika anda melihat cahaya dari tombol-tombol ponsel, bukan dari layar, maka hal ini pertanda baik. Ini menandakan bahwa ponsel masih jalan.

7.  Cobalah menekan nomor telepon seperti biasanya, walaupun dalam kondisi layar gelap. Jika terdapat nada panggilan, berarti layar anda akan kembali suatu saat. Namun jika tidak, maka anda dapat mengeringkan ponsel anda seperti langkah sebelumnya.

8.  Jika ponsel anda tidak ada perubahan dalam dua minggu, anda mungkin harus membeli ponsel baru. Bagaimanapun, anda dapat menunggu dan mengeringkannya kembali sesuai langkah diatas berulang kali, terlebih jika ponsel terendam dalam waktu lama, maka akan dibutuhkan waktu lama pula untuk pengeringannya.

Didapat dari berbagai sumber……

No comments:

Post a Comment