Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Friday, October 12, 2012

Manfaat Yoga Secara Fisik dan Mental


Yoga adalah olahraga yang melatih keseimbangan antara body (tubuh), mind (fikiran), soul (jiwa), dan breath (pernafasan).

Adapun manfaat yoga secara fisik antara lain :
1.   Kekuatan
Banyak pose yoga yang menharuskan kita untuk mendukung berat tubuh sendiri, termasuk menyeimbangkan tubuh pada satu kaki (seperti dalam Tree Pose) atau mendukung tubuh dengan tangan (seperti dalam pose Downward Facing Dog). Ada beberapa latihan yang mengharuskan kita untuk berpindah dari satu pose ke pose yang lain yang juga akan meningkatkan kekuatan.

2.   Fleksibilitas
Gerakan-gerakan dalam yoga dapat membantu meregangkan dan meningkat fleksibilitas tubuh. Seiring waktu, kita dapat meningkatkan kelenturan paha belakang, punggung, bahu dan pinggul dengan melakukan yoga secara teratur.

3.   Mencegah Nyeri
Meningkatnya fleksibilitas dan kekuatan tubuh dapat membantu mencegah sakit punggung. Banyak orang yang menderita sakit punggung karena menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer atau mengemudi mobil. Dengan melakukan yoga, tulang dan otot yang kaku bisa menjadi lemas kembali sehingga dapat mencegah nyeri punggung.

4.   Mengembangkan Otot
Selain melatih kekuatan tubuh, yoga juga dapat meningkatkan massa otot. Dengan yoga, otot-otot tubuh akan semakin kencang.

5.   Memperlancar Pernafasan
Kita umumnya bernafas dengan tarikan dan hembusan napas yang pendek-pendek. Latihan pernafasan yoga, yang disebut Pranayama, member perhatian pada nafas dan mengajarkan bagaimana kita dapat menggunakan paru-paru untuk meningkatkan taraf kesehatan. Latihan nafas juga dapat membantu memberihkansaluran hidung dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat.


Manfaat Yoga secara mental yakni :
1.   Ketenangan Mental
Selain fisik, yoga juga memiliki teknik meditasi yang bermanfaat untuk membantu menenangkan fikiran.

2.   Mengurangi Stres
Yoga juga bermanfaat untuk mengurangi stres. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari, baik besar maupun kecil, akan mencair sehingga kita akan terbebas dari tekanan stres. Konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi fikiran yang sangat dibutuhkan oleh fikiran yang sedang stres.

3.   Kesiagaan Tubuh
Melakukan yoga akan memberikan peningkatan kesadaran dan kesiagaan tubuh. Banyak gerakan dari yoga yang dapat meningkatkan keselarasan.

Didapat dari berbagai sumber…….

No comments:

Post a Comment