Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Thursday, October 11, 2012

Tips Praktis dan Sehat Untuk Rambut Berjilbab


Perubahan cuaca yang ekstrem memang sangat merepotkan. Apalagi dengan kondisi cuaca yang sangat panas. Jadi tidak ada salahnya untuk wanita yang menggunakan jilbab untuk berkeramas tiap hari dengan menggunakan sampo yang lembut agar rambut tidak menjadi kering. Tetapi tidak harus menggunakan conditioner setiap hari karena malah akan menyebabkan rambut menjadi lepek. Jangan lupa, setelah keramas segeralah mengeringkan rambut sekering-keringnya. Cukup diangin-anginkan saja menggunakan dan tidak perlu menggunakan hairdryer. Karena jika kita menggunakan jilbab dalam kondisi rambut yang masih basah maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap di rambut kita karena kondisi rambut didalam jilbab jadi lembab.

Rambut untuk wanita berjilbab tetap harus dirawat. Bisa dengan menggunakan hair tonic atau creambath dalam waktu 2 minggu sekali, agar tidak terjadi kerontokan akibat kelembaban rambut didalam jilbab. Udara yang minimalis dalam jilbab ternyata bisa menyebabkan kerusakan rambut. Tetapi itu tidak menjadi alasan untuk tidak berjilbab bagi wanita muslim, karena menggunakan jilbab bagi wanita muslim hukumnya wajib.

Berikut ini tips bagi wanita muslimah yang menggunakan jilbab :

1. Jika kita memilih jilbab atau kerudung, pilihlah dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti dari bahan katun atau kaos. Bahan dari kain yang berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala. Jadi jangan hanya mengikuti mode saja.

2. Bagi yang suka kerudung modern, boleh saja anda membuat kreasi kerudung hingga berlapis-lapis. Tetapi jangan sampai lebih dari 4 helai. Karena itu akan membuat rambut kesulitan bernafas.

3. Usahakan hindari penggunaan lapisan kerudung dengan sering-sering dan kencang, karena itu menimbulkan potensi rambut menjadi lembab dan kesulitan bernafas.

4.  Apabila hendak menggunakan jilbab, jangan mengikat rambut anda terlalu kencang. Jika menginginkan rambut anda untuk digulung, maka rambut anda panjangnya jangan melebihi dari 60 cm.

5.  Kalau bisa hindarilah warna gelap untuk pilihan kerudung atau jilbab anda, karena warna gelap mudah sekali menyerap sinar matahari. Jadi untuk wanita yang banyak beraktifitas dibawah sinar matahari, pilihlah warna putih atau warna yang lembut.

6.  Nah, ini yang perlu diingat, jangan terlalu sering-sering mengikat kerudung anda dibawah leher, karena udara yang masuk ke dalam kerudung atau jilbab anda akan semakin sedikit. Ujungnya dilepas dan dibiarkan menjuntai saja agar sirkulasi udara menjadi lancar dan rambut bisa bernafas.

Didapat dari berbagai sumber…….

No comments:

Post a Comment