Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Friday, January 4, 2013

Abrasi Gigi dan Penyebabnya

Hilangnya struktur gigi akibat dari keausan mekanik yang abnormal disebut juga sebagai abrasi gigi. Hal ini disebabkan oleh gesekan terhadap gigi yang terlalu kuat dan terus menerus. Abrasi gigi bisa disebabkan oleh cara menyikat gigi yang terlalu keras. Adapun cirri khas dari abrasi gigi yang disebabkan oleh cara menyikat gigi yang terlalu keras yakni terbentuknya lekuk-lekuk “V” pada bagian leher gigi (daerah didekat gusi). Abrasi gigi dapat mengenai permukaan email (permukaan paling kuar) bahkan mencapai permukaan yang lebih dalam yakni dentin. Apabila abrasi gigi sudah mengenai permukaan gigi yang semakin dalam (dentin gigi terbuka), maka hal tersebut akan mengakibatkan apa yang dinamakan dengan gigi sensitif.

Banyak faktor mekanik yang dapat menyebabkan hilangnya struktur gigi secara abnormal, yaitu :

1. Menyikat gigi terlalu keras dan dengan cara yang salah. Menyikat gigi terlalu keras dengan arah ke depan dan kebelakang secara terus menerus dapat menyebabkan abrasi gigi. Cara menyikat gigi yang paling baik adalah dengan arah keatas dan kebawah. Banyak orang beranggapan dengan menyikat gigi secara keras, maka gigi akan bersih. Ternyata anggapan tersebut sebenarnya salah. Tekanan atau gesekan dari sikat gigi yang terlalu kuat, justru akan membuat gigi menjadi aus atau abrasi.

2.  Cengkeram (kawat) pada gigi tiruan yang terlalu menekan gigi. Cengkeram (kawat) pada gigi tiruan yang terlalu menekan gigi akan menimbulkan gesekan secara terus menerus pada saat mengunyah makanan, sehingga dapat menimbulkan abrasi gigi.

3.  Bruxism (teeth grinding). Merupakan kebiasaan mengasah gigi atas dengan gigi bawah yang biasa pula dengan sebutan “kerot”. Bruxism merupakan kebiasaan terutama pada waktu tidur dan hal ini juga bisa menyebabkan abrasi gigi.

4.   Kebiasaan menggigit pipa rokok diantara gigi depan atas dan bawah.

5.  Mahkota jaket gigi dengan bahan porselen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gigi lawannya terabrasi pada permukaan insisal atau oklusal (permukaan gigi).

Gejala yang timbul dari abrasi gigi yakni gigi terasa ngilu, lebih sensitif dan bentuk dari gigi yang nampak terkikis. Segera konsultasikan ke dokter gigi setempat apabila gigi kita terkena abrasi gigi.

Didapat dari berbagai sumber…………..

No comments:

Post a Comment