Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Tuesday, January 15, 2013

Makanan Penambah Sistem Kekebalan Tubuh



Cuaca ekstrem terkadang membuat kita harus pandai-pandai untuk menjaga diri dari kemungkinan penyakit yang datang menyerang tubuh kita. Dari yang ringan hingga yang membuat aktifitas kita menjadi terganggu. Maka dari itu, kita harus pintar untuk memilih makanan penunjang agar tubuh tetap fit selain minum suplemen dan vitamin. Apa saja makanan yang bisa untuk menambah sistem kekebalan tubuh itu?




1.   Sayuran berwarna cerah. Carotenoids seperti Beta Carotene merupakan salah satu anti oksidan yang sangat penting dalam menjaga imun manusia. Zat ini ditemukan pada warna kuning cerah, orange cerah dan hijau cerah yang terdapat dalam sayuran.

2.   Susu dan Vitamin C. Dengan mengkonsumsi susu serta vitamin C ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

3. Kacang-kacangan. Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan sel darah merah yang bertugas untuk melawan infeksi dalam tubuh.

4.  Daging Ikan. Daging ikan mengandung Lemak Omega 3 dan asam lemak lainnya yang berfungsi untuk membantu meningkatkan aktifitas dari sel darah putih.

5.  Coklat. Anti oksidan konsentrat yang terkandung didalamnya mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat mengurangi resiko sakit jantung dan menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh.

6.  Jamur. Jamur ini mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh melawan flu dan hawa dingin.

7.  Kacang Tanah. Kaya akan mineral dan vitamin yang berfungsi sebagai anti oksidan.

Didapat dari berbagai sumber….

No comments:

Post a Comment