Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Wednesday, January 9, 2013

Simbol-simbol Kode dari Bahan Plastik

Sebelum membeli tempat / wadah makanan atau minuman yang berbahan dari plastik, tidak ada salahnya anda melihat dan mengenali dahulu simbol kode yang tertera dan akan digunakan untuk apa nantinya. Kode ini sudah menjadi kesepakatan internasional. Jadi sebelum anda menggunakan tempat / wadah untuk makanan atau minuman, lihat dulu kodenya.

Berikut ini kode jenis plastik yang umum digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman :


Polietilen Tereftalat (PETE) / PET
Sifat dari plastik ini kedap terhadap air serta gas. Plastik ini bisa melunak pada suhu 80 derajat celcius. Plastik berwarna jernih ini banyak digunakan dalam kemasan minuman, minyak goreng, sambal, kecap, selai serta penampan plastik dalam kemasan biskuit. Plastik jenis ini sebaiknya hanya dipakai sekali saja dan tidak noleh dipakai sebagai wadah air hangat/panas.



High Density Polyethylene (HDPE)
Sifat dari plastik ini biasanya keras dan kurang begitu lentur. Plastik ini tahan lembab dan mampu menahan reaksi kimia. Kemasan plastik dengan menggunakan kod HDPE biasanya dijumpai pada botol susu cair dan jus, galon air minum, plastik belanjaan, beberapa jenis Tupperware dan tutup plastik. Rekomendasi para ahli untuk plastik jenis ini adalah sekali pakai.

 
Plivinil Klorida (PVC) / V
Jenis plastik dengan kode ini sukar untuk didaur ulang. Plastik jenis ini disarankan tidak untuk digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman karena zat terkandung didalamnya bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.




Low Density Plyethylene (LDPE)
Sifat plastik ini lentur dan kuat, tahan air dan mudah untuk didaur ulang. Kemasan makanan yang lembek seperti bungkus cokelat merek tertentu menggunakan plastik jenis ini. Baik juga untuk digunakan sebagai wadah makanan atau minuman.


  
 
Polipropilen (PP)
Bahan plastik ini merupakan jenis yang terbaik dan bisa dimanfaatkan sebagai kemasan bahan makanan atau minuman. Plastik jenis ini lentur dan kuat serta mampu mencegah reaksi kimiawi dan tahan terhadap minyak serta panas. Jadi, usahakan untuk tempat makanan dan minuman menggunakan bahan plastik yang berkode PP.


Polistiren (PS)
Ada 2 kode untuk plastik jenis ini. Selain PS, ada pula enis EPS (Polistiren Busa). Jenis PS sering digunakan untuk kemasan makanan beku serta bahan pembuat garpu dan sendok plastik. Sedangkan EPS digunakan untuk wadah makanan siap saji serta gelas teh/susu/kopi berbahan Styrofoam.


Other (O)
Bahan plastik selain jenis keenam plastik diatas. Ada empat jenis plastik yang digolongkan ke dalam jenis plastik ini yaitu SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PC (Polycarbonate), dan Nylon.





Dikawasan Uni-Eropa dan Amerika Utara, benda berbahan plastik boleh digunakan selalu ada gambar gelas dan garpu atau keterangan tertulis “for food use” atau “for food contact”







Baca juga artikel :


Didapat dari berbagai sumber……


No comments:

Post a Comment