Sugeng Rawuh Wonten Blog-ipun Piyantun Ndeso nanging Radi Cerdas............

Monday, January 7, 2013

Manfaat ASI Bagi Bayi


Program pemerintah untuk menggalakkan pemberian ASI eksklusif bagi bayi perlu didukung oleh semua kalangan karena pentingnya dan berharganya ASI untuk bayi. Kita harus sadar ternyata ASI itu banyak manfaatnya. Jangan karena ego atau alasan tertentu, bayi yang menjadi generasi penerus kita tidak bisa menikmati ASI eksklusif dari ibundanya.

Berikut ini manfaat ASI buat bayi :

1.   Mudah dicerna dan diserap oleh bayi. ASI mengandung dua jenis protein yang bernama whey dan casein sehingga mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

2.   Nutrisi terbaik bagi bayi. Bayi yang berusia kurang dari dua tahun memiliki kebutuhan nutrisi khusus. ASI mengandung segala nutrisi kebutuhan bayi. Mulai dari zat gizi hingga zat kekebalan tubuh yang melindungi bayi dari serangan penyakit.

3.  Melindungi bayi dari dalam. Bayi yang berumur kurang dari dua tahun cukup rentan terkena infeksi atau alergi. Namun orang tua tidak perlu khawatir karena ASI memberikan perlindungan kepada bayi dari bahaya tersebut.

4.  Membuat bayi merasa nyaman dan aman. Ketika disusui, bayi akan berada dalam pelukan hangat ibundanya. Dampak secara psikologis, bayi akan merasa damai, nyaman dan aman. Hal ini juga bisa menjaga kondisi emosional si bayi sehingga si bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

.   Mengandung zat gizi yang diperlukan oleh bayi. Bayi membutuhkan zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangannya, khususnya perkembangan otak. Zat gizi yang terkandung dalam ASI tidak mudah ditemukan dalam bahan makanan yang lain. Nah, beruntunglah karena semua itu sudah ada dalam ASI.

Baca juga artikel :


Didapat dari berbagai sumber……

No comments:

Post a Comment